Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selidiki Keterlibatan Rusia, Mueller Bisa Dipecat Trump

Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Donald Trump dapat memecat Robert Mueller, jaksa yang ditunjuk khusus untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu.
Presiden AS Donald Trump/Reuters
Presiden AS Donald Trump/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Donald Trump dapat memecat Robert Mueller, jaksa yang ditunjuk khusus untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu.

"Kami sudah diberi tahu bahwa presiden jelas memiliki kuasa untuk mengambil keputusan itu," ujar sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders sebagaimana dikutip CNN.com, Rabu (11/4/2018).

Menurutnya, Trump sudah memberikan pesan yang jelas bahwa keterlibatan Mueller sudah terlalu jauh.

Mueller memang sedang menjadi topik hangat di AS, karena penyelidikannya sudah mulai menyasar pada orang-orang penting di Gedung Putih.

Dia ditunjuk pada Mei 2017 lalu untuk menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 demi kemenangan Trump.

Sejak saat itu, sudah ada empat penasihat Trump yang diseret ke pengadilan terkait kasus tersebut, termasuk ketua kampanyenya, Paul Manafort selain mantan penasihat keamanan nasional AS, Michael Flynn.

Kini, pengacara Trump yang memegang banyak rahasia mengenai kesepakatan keuangan dan pribadi sang presiden, Michael Cohen, juga menjadi sasaran Mueller.

Pada awal pekan ini, Biro Investigasi Federal AS (FBI) menggeledah rumah Cohen atas perintah Mueller.

Dalam operasi tersebut, FBI menyita sejumlah dokumen, termasuk yang berkaitan dengan uang suap untuk aktris porno Stormy Daniels agar tak membocorkan skandal seksualnya dengan Trump.

Trump menyebut penggeledahan ini sebagai upaya mencari-cari kesalahan dan mengatakan. Namun, para anggota parlemen dari Partai Demokrat dan Republik mendesak Trump membiarkan Mueller menjalankan tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper