Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Siap Balas Tarif Impor Trump

China mengutuk keras pengenaan tarif impor lanjutan oleh AS dan akan melakukan tindakan balasan.
Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump (paling kanan). Ikut mendamping Ibu Negara China Peng Liyuan saat makan malam pada awal pertemuan puncak 6-7 April 2017 di  Florida./.Reuters
Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Presiden AS Donald Trump (paling kanan). Ikut mendamping Ibu Negara China Peng Liyuan saat makan malam pada awal pertemuan puncak 6-7 April 2017 di Florida./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- China mengutuk keras pengenaan tarif impor lanjutan oleh AS dan akan melakukan tindakan balasan.

Kantor berita Xinhua melansir, Rabu (4/4/2018), Kementerian Perdagangan (Kemendag) China menyatakan kebijakan itu tidak berdasar.

"Proposal pengajuan tarif impor oleh AS tidak berdasar, mencerminkan praktik unilateral dan proteksionis yang kami kutuk keras dan tentang dengan kuat," demikian pernyataan resmi Kemendag China.

Pemerintahan Xi Jinping akan membawa masalah ini ke WTO dan siap mengambil tindakan balasan atas produk-produk AS yang akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

"Kami memiliki keyakinan dan kemampuan untuk merespons kebijakan perdagangan AS yang proteksionis," ujar Kemendag China.

China melanjutkan AS telah mengacuhkan hubungan saling menguntungkan antara kedua negara dan kerja sama ekonomi yang telah terjalin selama 40 tahun terakhir, keinginan pengusaha China dan AS, serta kebutuhan konsumen.

Dalam kesempatan terpisah, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Lu Kang juga menyatakan kebijakan itu merupakan bentuk unilateral dan proteksionis. Dia menambahkan pihaknya mengutuk keras kebijakan tersebut.

Pada Selasa (3/4) waktu setempat, Presiden AS Donald Trump menandatangani tarif impor atas 1.300 produk dari China. Tarif impor sebesar 25% diajukan atas sejumlah produk, yang sebagian besar terkait dengan teknologi, transportasi, medis, dan kedirgantaraan, dengan nilai mencapai US$50 miliar.

Trump sudah beberapa kali menuding China mencuri kekayaan intelektual perusahaan-perusahaan teknologi dan telekomunikasi AS.

Pada bulan lalu, AS pun telah mengenakan tarif impor untuk produk baja dan aluminium termasuk yang berasal dari Negeri Panda. Tarif impor yang dikenakan masing-masing sebesar 25% dan 10%.

China kemudian membalas dengan menjatuhkan tarif untuk impor daging babi, buah, kacang-kacangan, dan wine tertentu yang berasal dari AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Xinhua
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper