Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Winnie Mandela, Perginya Pejuang antiapharteid dan HAM

Nama lengkapnya Winnie Madikizela-Mandela, kelahiran Bizana, Pondoland, Afrika Selatan, 26 September 1936, meninggal dunia, Senin (2/4/2018). Winnie menikah dengan Nelson Mandela, pejuang antiapharteid Afrika Selatan, pada tahun 1958 dan bercerai pada 1996. Dia pun dipanggil Mam' Winnie Madikizel-Mandela.
Winnie Madikizela-Mandela/Reuters
Winnie Madikizela-Mandela/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Nama lengkapnya Winnie Madikizela-Mandela. Dia kelahiran Bizana, Pondoland, Afrika Selatan, 26 September 1936. Dia bukan hanya seorang pejuang HAM dan hak sipil dalam organisasi African National Congress (ANC) di Afrika Selatan. Winnie menikah dengan Nelson Mandela, pejuang antiapharteid Afrika Selatan, pada tahun 1958 dan bercerai pada 1996. Dia pun dipanggil Mam' Winnie Madikizel-Mandela.

Wanita perkasa itu Senin (2/4/2018) tak mampu mengatasi penyakitnya.  Dalam usia 81 tahun, wanita pejuang yang pada 25 April 2003 dinyatakan bersalah atas 43 tuduhan penipuan dan 25 pencurian, sehingga ia dihukum 5 tahun penjara, meninggal dunia di Netcare Milpark Hospital, Johannesburg, Afrika Selatan. Penyakit yang dideritanya membuat Winnie keluar masuk rumah sakit.

Winnie, yang sebelumnya juga menjadi terdakwa dalam kasus penculikan pada tahun 1991, sehingga ia dijatuhi hukuman penjara 6 tahun, tetapi dikurangi setelah ia mengajukan banding, tetap dianggap sebagai pahlawan. Bahkan, selain dianggap pahlawan, kerap diakui sebagai ibu Afrika Selatan.

"Hari ini, kita telah kehilangan seorang ibu, seorang nenek, seorang teman, seorang rekan, seorang pemimpin dan seorang lambang," kata Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Selasa (3/4/2018).

Winnie dianggap sebagai "lambang abadi keinginan rakyat kita untuk bebas". Setidaknya oleh Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa saat menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya wanita pahlawan anti-Apartheid Winnie Madikizel-Mandela. Ramaphosa menyebut Winnie Madikizela-Mandela sebagai "lambang abadi keinginan rakyat kita untuk bebas".

Winnie Mandela, Perginya Pejuang antiapharteid dan HAM

Foto:Reuters

"Dengan perasaan kehilangan yang sangat besar dan kesedihan yang mendalam lah kami mengetahui meninggalnya Mam' Winnie Madikizel-Mandela," kata Ramaphosa.

Bahkan pada masa paling kelam selama perjuangan bagi kebebasan, “Winnie merupakan "lambang abadi keinginan rakyat kita untuk bebas,” kata Ramaphosa.

“Di tengan penindasan, ia menjadi suara pembangkangan dan perlawanan,” tambah Ramaphosa.

Ramaphosa juga merujuk Winnie sebagai "pelopor keadilan dan kesetaraan" dalam menghadapi eksploitasi. "Sepanjang hidupnya, ia memberi sumbangan yang langgeng bagi perjuangan melalui pengorbanan dan tekadnya yang tak pernah goyah. Dedikasinya bagi nasib buruk rakyatnya membuat dia dicintai dan dihormati oleh bangsa ini," kata Ramaphosa.

Selama bertahun-tahun, Winnie memikul beban kebrutalan tanpa kasihan rejim Apartheid dengan ketabahan yang luar biasa. "Meskipun menghadapi kesulitan, ia tak pernah ragu  perjuangan bagi kemerdekaan dan demokrasi akan berhasil," kata Ramaphosa.

Sepanjang hidup, Winnie tetap menjadi pembela yang tak kenal lelah bagi orang yang ditindas dan disingkirkan dan menjadi suara buat orang yang tak bisa menyuarakan keinginan mereka.

Tak ayal Prtesiden Afsel mendesak rakyat Afrika Selatan agar mengambil inspirasi dari perjuangan yang dilancarkan Winnie dan impian mengenai masyarakat yang lebih baik tempat ia telah mencurahkan hidupnya.

Pada Senin, Kongres Nasional Afrika (ANC) --yang memerintah-- menurunkan spanduk revolusionernya untuk menghormati Winnie.

ANC menyebut Winnie seorang perempuan besar yang sangat dicintai dan menjadi rujukan dan yang namanya akan selamanya terukir dalam sejarah.

Keuletan dan keberanian Winnie mengilhami perjuangan kemerdekaan bukan hanya di Afrika Selatan, tapi juga di seluruh Afrika dan diasporanya, kata Sekretaris Jenderal ANC Ace Magashule.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters/Xinhua/Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper