Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran di Teluk Balikpapan, Pertamina: Sudah Ditanggulangi

Kebakaran besar terjadi di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu. (31/3/2018) sekitar pukul 11.00 Wita. Namun, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) V Balikpapan berhasil mengamankan.
Pertamina Wilayah Kalimantan  mengabarkan kebakaran di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3/2018) diamankan/Istimewa
Pertamina Wilayah Kalimantan mengabarkan kebakaran di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (31/3/2018) diamankan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kebakaran besar terjadi di perairan Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu. (31/3/2018) sekitar pukul 11.00 Wita. Namun, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) V Balikpapan berhasil mengamankan.

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Wilayah Kalimantan Yudi Nugraha mengatakan api yang muncul, Sabtu sekitar pukul 11.00 Wita berhasil ditanggulangi pada 12.00 Wita.

Menurut dia, berkoordinasi dengan BPBD Balikpapan, Chevron, dan PT Pertamina Hulu Mahakam, pihaknya berhasil memadamkan kebakaran dalam waktu singkat dan sekaligus mencegah meluasnya kebakaran ke area lain.

"Bersama ini, Pertamina mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam penanggulangan kebakaran ini dan mengimbau masyarakat agar tidak panik," ujarnya dalam rilis di Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Yudi menambahkan mengenai dugaan sumber dan penyebab ceceran minyak dan juga kebakarannya masih dalam tahap investigasi.

Dalam upaya tersebut, menurut dia, Pertamina juga menurunkan tim penyelam di Teluk Balikpapan.

"Untuk saat ini kami masih fokus pada penanggulangan dampaknya," katanya.

Menanggapi isu di media sosial yang menyatakan bahwa kebakaran tersebut merupakan upaya Pertamina menghilangkan ceceran minyak, Yudi menegaskan hal itu tidaklah benar.

"Hal ini sudah diklarifikasi langsung oleh pemilik akun tersebut," jelasnya.

Yudi juga mengatakan kejadian tersebut tidak berpengaruh terhadap kondisi operasional kilang serta terminal BBM, dan depot elpiji di Balikpapan tetap beroperasi normal menyalurkan bahan bakar ke masyarakat.

Menurut dia, hasil pengecekan terhadap seluruh instalasi Pertamina yang melintasi Teluk Balikpapan, hingga saat ini tidak ditemukan kebocoran.

Pipa bawah laut Pertamina dari Terminal Lawe-Lawe hingga saat ini masih menyalurkan minyak mentah ke Kilang Balikpapan dan lokasi pipa berada jauh dari titik kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper