Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Berhasil Uji Coba Kapal Selam Nirawak

Peneliti China berhasil menguji coba kapal selam nirawak Hailong 11000 yang digadang-gadang mampu menyelam di bawah laut sedalam 11.000 meter.
China/Reuters
China/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Peneliti China berhasil menguji coba kapal selam nirawak Hailong 11000 yang digadang-gadang mampu menyelam di bawah laut sedalam 11.000 meter.Pada Jumat (30/3/2018) pukul 16.45 waktu setempat, Hailong 11000 dilepas untuk pertama kalinya dari kapal riset  Dayang Yihao di perairan barat Samudra Pasifik.

Menurut pemberitaan Xinhua, Hailong 11000 masuk ke laut hingga kedalaman 410 meter pada tes pertamanya. Kepala Peneliti Dayang Yihao Chu Fengyou mengatakan kapal itu dirancang untuk menyelam hingga kedalaman laut 1 1.000 meter atau 11 km. Pengujian akan dilakukan selama 3 tahun ke depan untuk mencapai target tersebut.

China berambisi mengembangkan kapal selam nirawak sebagai upaya untuk menemukan sumber-sumber mineral di bawah laut. Dalam ekspedisinya, Dayang Yihao juga membawa kapal nirawak tipe Qianlong yang telah lebih dahulu diuji coba.

Pada awal Maret, China mengetes Qianlong No. 2, yang dirancang mampu menyelam hingga kedalaman 4.500 m, di barat daya Samudra Hindia. Kapal ini menyelesaikan misi operasi tanpa monitor dari kapal pembawanya dan berhasil mengambil data tiga dimensi abnormalitas air dan geomagnetis.

Dalam uji coba, Qianlong No. 2 mampu menjelahi jarak 325 km dengan waktu tempuh 141 jam. Hasilnya, kapal mendeteksi kandungan polymetallic sulphide. Bahan ini mengandung emas, tembaga, perak, dan seng.

Kapal selam tanpa awak ini dikembangkan periset China sejak 2011 dan diluncurkan tiga tahun kemudian. Para peneliti juga sedang membangun kapal generasi terbaru Qianlong No. 3 yang bakal diuji coba pertama kalinya pada April 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper