Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Libur Panjang PT KAI DAOP IV Tambah 2 Rangkaian Kereta

Menghadapi libur panjang jelang libur panjang akhir pekan nanti PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) IV menambah 2 rangkaian kereta.
Ilustras/ANTARA-Rivan Awal Lingga
Ilustras/ANTARA-Rivan Awal Lingga

Kabar24.com, SEMARANG - Menghadapi libur panjang jelang libur panjang akhir pekan nanti PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) IV menambah 2 rangkaian kereta.

Kedua rangkaian kereta tersebut yakni KA Tawang Jaya Premium, relasi Semarang Tawang - Pasar senen pada tanggal 29 Maret sampai dengan 1 April 2018, dengan kapasitas 800 tempat duduk per hari dan KA Sembrani tambahan relasi Surabaya - Gambir yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang , pada tanggal 1 April 2018, dengan kapasitas 350 tempat duduk per hari.

Manajer Humas PT KAI DAOP IV Suprapto mengatakan, penambahan 2 kereta tersebut mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur akhir pekan nanti. Pasalnya Kamis nanti penumpang diperkirakan memadati Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang Semarang.

"Lonjakan penumpang kereta api terkait masa liburan memperingati Wafatnya Isa Almasih sudah mulai terasa sejak hari ini. Berdasarkan pantauan penjualan tiket [berdasarkan data tgl 28 Maret 2018, jam 12:00 wib], lonjakan kedatangan para penumpang di wilayah Daop IV Semarang akan terjadi pada besok, Kamis, tanggal 29 Maret 2018, dimana seluruh perjalanan dari arah Jakarta dan Bandung ke Semarang telah habis terjual," kata Suprapto Rabu (28/3/2018).

Sementara untuk keberangkatan lanjut dia kereta api dari Semarang ke sejumlah kota seperti Jakarta dan Bandung, penjualan tiket sdh mencapai 99% untuk keberangkatan pada tanggal 28 Maret 2018 sampai dengan 1 April 2018.

Suprapto menambahkan, puncak jumlah penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang pd liburan ini akan terjadi pada Hari Minggu, 1 April 2018.

Diperkirakan selama masa liburan ini, di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang akan terjadi lonjakan sebesar 10% dibandingkan jumlah penumpang pada hari libur biasa.

Dimana pada hari libur biasa, jumlah penumpang rata-rata sekitar 20.000 penumpang per hari, untuk liburan panjang ini jumlah penumpang diperkirakan mencapai sekitar kurang lebih 22.000 penumpang per hari.

"Libur panjang kali ini lonjakan penumpang cukup banyak mencapai 10% jika dibandingkan dengan hari biasa.

Sebagai informasi kami telah mengoperasikan 6 KA reguler dengan keberangkatan awal dari Semarang, dengan kapasitas tempat duduk 3.810 tempat duduk. 36 KA jarak menengah/jauh reguler yang melintas di wilayah Daop IV Semarang, dengan kapasitas 20.280 tempat duduk per hari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper