Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siang Ini, Tiga Wakil Ketua MPR Tambahan Dilantik

Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) siang ini akan menggelar Sidang Paripurna MPR dengan agenda penetapan dan pengucapan sumpah Pimpinan MPR tambahan.
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Ahmad Basarah memberikan keterangan pers, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Galih Pradipta
Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Ahmad Basarah memberikan keterangan pers, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Galih Pradipta

Kabar24.com, JAKARTA - Majelis Permusyaratan Rakyat (MPR) siang ini akan menggelar Sidang Paripurna MPR dengan agenda penetapan dan pengucapan sumpah Pimpinan MPR tambahan.

Kepala Biro Humas MPR RI, Siti Fauziah dalam keterangan persnya mengatakan dengan adanya tambahan pimpinan MPR, kini lembaga negara itu memiliki delapan pimpinan dari sebelumnya lima pimpinan.

Tiga wakil ketua MPR yang akan dilantik hari ini adalah masing-masing Ahmad Basarah (PDIP), Muhaimin Iskandar (PKB), dan Ahmad Muzani (Gerindra).

Dengan demikian, kini terdapat tujuh wakil dan satu ketua pada jajaran pimpinan MPR yang diketuai Zukifli Hasan (PAN).

“Pada pukul 12.00 WIB siang ini, persiapan pelaksanaan sidang paripurna MPR dimulai. Para petugas dari MPR sudah berada di pos masing-masing,” kata Siti Fauziah terkait rangkaian acara sidang paripurna yang akan digelar, Senin (26/3/2018).

Sesuai susunan acara, mulai pukul 12.30 WIB anggota MPR bisa memasuki sidang paripurna di Gedung Nusantara. Sebelum masuk ke ruang sidang paripurna, anggota MPR wajib untuk mengisi daftar hadir, ujarnya.

“Dengan mengisi daftar hadir ini kita bisa menghitung jumlah peserta yang menghadiri sidang paripurna MPR. Selanjutnya daftar hadir itu kita serahkan kepada pimpinan sidang. Pimpinan sidang akan menyatakan sidang paripurna MPR ini kuorum atau tidak,” jelas Siti.

Sementara anggota MPR mulai memasuki ruang sidang paripurna dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan, Pimpinan MPR, Ketua Mahkamah Agung (MA), Ketua Lembaga Negara (DPR, DPD, BPK, MK, KY), dan Ketua Umum Partai Politik menempati ruang tunggu utama di lantai dasar Gedung Nusantara.

Pada pukul 12.50 WIB, Ketua MA, Ketua Lembaga Negara dan Ketua Umum Parpol didampingi Wakil Sekretaris Jenderal MPR mulai berjalan menuju ruang sidang paripurna. Barulah lima menit kemudian, Pimpinan MPR didampingi Sekretaris Jenderal MPR menuju lift lantai dasar Gedung Nusantara, selanjutnya memasuki ruang sidang paripurna MPR.

“Pada pukul 13.00 WIB, sidang paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan dan pengucapan sumpah pimpinan MPR tambahan dimulai,” ujarnya. Seperti biasa, acara itu diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,” ujarnya.

Menurutnya, pengucapan sumpah wakil ketua MPR dipandu oleh Ketua MA. Para wakil ketua MPR yang akan dilantik, ketua MA, dan rohaniawan dipersilakan menempati tempat yang telah disediakan. Pimpinan MPR juga menempati tempat yang disediakan,” kata Siti Fauziah.

Setelah pengucapan sumpah wakil ketua MPR, ketiga wakil ketua menempati kursi Pimpinan MPR. Jadi sejajar dengan pimpinan MPR lainnya, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper