Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITB dan Waseda University Gelar Seminar Online Membangun Masyarakat Baru

Memperingati 100 tahun Pendidikan Tinggi Teknik dan Persahabatan Indonesia -- Jepang, ITB menyelenggarak seminar online.

Kabar24.com, BANDUNG - Memperingati 100 tahun Pendidikan Tinggi Teknik dan Persahabatan Indonesia -- Jepang, ITB menyelenggarak seminar online.

LPIK ITB bekerja sama dengan Waseda University Jepang menyelenggarakan seminar on line atau Webinar pada 26 Maret 2018. Seminar membicarkan tema bergotong royong atau Co Creation membangun Masyarakat Baru.

"Webinar ini dilakukan untuk memperingati 100 tahun Pendidikan Tinggi Teknik yang jatuh pada tahun 2020, juga 60 tahun Persahabatan Indonesia Jepang tahun 2018," demikian keterangan tertulis panitia, diterima Minggu (25/3/2018).

Kedua negara mempunyai tantangan masing masing untuk bisa tumbuh berkembang. Komposisi penduduk Jepang akan lebih banyak generasi tua (elderly people), sementara Indonesia sedang diberi kesempatan dengan bonus demografi.

Tantangan lain adalah berkembangnya teknologi baru yang telah dan akan "mendisrupsi" tatanan masyarakat yang ada.

"Munculnya IoT, Big Data dan Artificial Intelligent akan menambah tantangan membangun kedua negara. Lapangan pekerjaan , hubungan manusia dengan mesin, mesin dan mesin akan saling kait mengait yang mungkin mengubah tatanan baru hubungan kedua belah pihak," tambah panitia penyelenggara.

Ditambahkan bahwa persahabatan Jepang dan Indonesia yang genap 60 tahun tentu perlu ditingkatkan sesuai dengan tantangan yang ada. Dalam hal ini, kerjasama yang memberi keuntungan kedua belah pihak perlu terus dikaji.

Nara sumber dalam webinar ini adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brojonegoro, Wakil Menteri Dalam Negeri dan Komunikas Jepang , Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional Indonesia Hendri Saparini, Prof Toshio Obi Waseda University, Prof. Suhono H. Supangkat dari ITB dan Direktur MRT Jakarta, Agung Wicaksono.

Peminat webinar dapat langsung meng-klik alamat ini, tanpa dipungut bayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper