Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13 Terduga Pengedar Tewas Dalam Operasi Anti Narkoba di Filipina

Kepolisian Filipina membunuh 13 terduga pengedar narkoba dan menahan lebih dari 100 orang dalam sebuah operasi anti narkoba pada Rabu (21/3/2018).
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Reuters
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Kepolisian Filipina membunuh 13 terduga pengedar narkoba dan menahan lebih dari 100 orang dalam sebuah operasi anti narkoba pada Rabu (21/3/2018).

Dilansir dari Reuters, Kamis (22/3), lebih dari 4.000 warga Filipina tewas oleh polisi dalam perang melawan narkoba selama 20 bulan terakhir yang dicanangkan oleh Presiden Rodrigo Duterte. Selain itu, ribuan orang lainnya meninggal dibunuh oleh sejumlah kelompok bersenjata.

Sebagian besar pembunuhan itu terjadi di kawasan Metro Manila dan dua provinsi yang berdekatan dengan ibu kota, yakni Bulacan dan Cavite.

Kepala Polisi Bulacan Romeo Caramat mengatakan pihaknya melancarkan sekitar 60 operasi di 9 kota.

"Rangkaian operasi ini merupakan bagian dari kampanye melawan narkoba dan kriminalitas lainnya di provinsi ini," paparnya.

Caramat mengungkapkan 13 terduga pengedar terbunuh oleh polisi dalam kontak senjata. Dia mengklaim kelompok pengedar tersebut menembak lebih dulu ketika merasa terjebak dan polisi menggunakan senjatanya karena berusaha mempertahankan diri.

Sebanyak 19 senjata api dan sekitar 250 paket yang diduga berisi narkoba disita dari operasi tersebut.

Perang melawan narkoba ini menuai kontroversi di dalam negeri dan di dunia internasional. Bulan lalu, International Criminal Court (ICC) melakukan pemeriksaan awal karena memandang Duterte dan 11 pejabat pemerintah Filipina lainnya melakukan kejahatan kemanusiaan. Duterte lantas menarik Filipina dari keanggotan ICC. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper