Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook Digugat Investor Gara-gara Sahamnya Anjlok akibat Penyalahgunaan Data

Investor menggugat Facebook Inc. atas merosotnya harga saham menyusul kegagalan perlindungan privasi karena penggunaan data tanpa izin oleh firma riset yang memiliki hubungan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Istimewa
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Investor menggugat Facebook Inc. atas merosotnya harga saham menyusul kegagalan perlindungan privasi karena penggunaan data tanpa izin oleh firma riset yang memiliki hubungan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Jaringan media sosial terbesar di dunia ini digugat di pengadilan federal San Francisco pada hari Selasa (20/3/2018) oleh para pemegang saham dalam sebuah Class Action yang menyatakan bahwa mereka menderita kerugian setelah pengungkapan bahwa Cambridge Analytica, perusahaan yang berbasis di Inggris, memperoleh informasi profil 50 juta penggunanya.

Saham Facebook turun 5,2% menjadi US$175,41 pada Senin di New York, menghapus semua penguatan tahun ini. Ini merupakan penurunan intraday terbesar sejak 12 Januari. Saham tersebut turun lagi 2,6% pada perdagangan Selasa setelah Bloomberg melaporkan bahwa perusahaan tersebut sedang diselidiki oleh Federal Trade Commission.

Gugatan tersebut akan mewakili investor yang membeli saham Facebook sejak 3 Februari 2017, saat Facebook mengajukan laporan tahunan, serta menyebutkan pelanggaran keamanan dan akses data pengguna yang tidak tepat, hingga 19 Maret, dua hari setelah laporan New York Times mengungkapkan bagaimana Cambridge Analytica memperoleh diperoleh melalui Facebook dan digunakan tanpa "pengungkapan atau izin yang tepat."

"Kami berkomitmen untuk menegakkan kebijakan kami untuk melindungi informasi orang-orang," kata Paul Grewal, wakil penasihat umum di Facebook, seperti dikutip Bloomberg.

"Kami akan mengambil langkah apa pun yang diperlukan untuk melihat bahwa ini terjadi," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sepanjang periode tersebut, "Facebook membuat pernyataan salah atau menyesatkan dan gagal untuk mengakui bahwa Facebook telah melanggar kebijakan privasi data sendiri dengan mengizinkan akses pihak ketiga ke data pribadi jutaan pengguna Facebook tanpa persetujuan mereka," menurut surat aduan tersebut.

Darren Robbins, pengacara sekuritas yang tidak terlibat dalam kasus ini, menyebut kasus Cambridge Analytics "bermasalah" bagi Facebook dan negara secara keseluruhan.

"Mereka memiliki potensi kesalahan di sejumlah area," kata Robbins mengenai jejaring sosial melalui telepon sebelum gugatan diajukan. "Apakah kewajiban itu dari pengguna, regulator pemerintah atau investor, ada implikasi bagi masyarakat mengingat posisi unik yang dimiliki Facebook dalam kehidupan sehari-hari warga AS."

Gugatan investor terhadap Facebook mungkin dikabulkan jika mereka dapat menunjukkan bahwa perusahaan tersebut mendorong mereka untuk berinvestasi berdasarkan sebagian informasi palsu, menyesatkan atau tidak lengkap mengenai praktik yang mungkin telah melanggar masalah privasi pengguna, kata Robbins.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper