Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Jadi Tuan Rumah Pertemuan Melawan Kejahatan Ekonomi

Komisi Pemberantasan Korupsi akan menjadi menyelenggarakan Forum Economic Agencies Network 20-22 Maret 2018 di Bali. Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertemuan tahunan tingkat internasional yang bertujuan sebagai wadah kerja sama pada tingkat operasional dalam mencegah, menyelidiki dan mengadili kejahatan ekonomi lintas yurisdiksi.
Juru bicara KPK Febri Diansyah/Antara-Reno Esnir
Juru bicara KPK Febri Diansyah/Antara-Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi akan menjadi menyelenggarakan Forum Economic Agencies Network 20-22 Maret 2018 di Bali.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertemuan tahunan tingkat internasional yang bertujuan sebagai wadah kerja sama pada tingkat operasional dalam mencegah, menyelidiki dan mengadili kejahatan ekonomi lintas yurisdiksi.

“Selain itu forum ini merupakan wadah berbagi informasi intelijen, pengetahuan operasional dan praktik terbaik dalam kebijakan maupun penegakan hukum kejahatan ekonomi dan mengidentifikasi serta mempromosikan langkah penegakan hukum kejahatan ekonomi yang efektif,” ujarnya, Rabu (21/3/2018).

Tidak hanya itu, lanjutnya, kegiatan ini juga bermaksud sebagai ajan memfasilitasi kesempatan pengembangan profesional untuk staf, berbagi kebijakan dan inisiatif legislatif yang akan memungkinkan anggota memerangi kejahatan ekonomi secara internasional dan mempromosikan serta mendorong partisikasi dan kerja sama yang lebih luas dengan organisasi penegakan hukum terhadap kejahatan ekonomi lainnya.

Dia mengatakan, tindak pidana korupsi, suap dan fraud sebagai bentuk kejahatan ekonomi merupakan masalah sistemik yang saat ini dihadapi berbagai negara di dunia.KArena itu, kerja samadi antara penegak hukum setiap negara mutlak diperlukan dalam rangka pemberantasan kejahatan ekonomi tersebut.

“Awalnya forum ini merupakan pertemuan informal di antara lembaga penegak hukum dari dari sejumlah negara. Pada 2013 di Auckland Selandia Baru para peserta pertemuan sepakat untuk menjadikan pertemuan ini lebih formal dan terus berlangsung hingga saat ini,” ungkapnya.

Adapun berbagai lembaga penegak hukum yang telah mengkonfirmasi kehadiran dalam pertemuan itu yakni Serious Fraud Office Inggris, City of London Police, Malaysian Anti Corruption Comission, Eropean Anti-Fraud Office, Europan Comission, Corrupt Practices Investigation Burea Singapura, Federal Bureu Investigation Amerika Serika, Serious Fraud Office Selandia Bari, Independent Comission Against Corruption Hong Kong, dan Australian Federal Police.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper