Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyelesaian Masalah Pendidikan Butuh Peran Semua Pihak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya peran semua para pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan./kemdikbud.go.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan./kemdikbud.go.id
Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya peran semua para pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan. 
 
“Pendidikan itu tidak bisa ditangani oleh satu pihak, sekalipun itu dinas pendidikan karena pendidikan itu multidimensi. Tanpa ada keterlibatan banyak pihak maka pendidikan itu tidak akan jalan", katanya melalui keterangan pers, Minggu (11/3/2018). 
 
Mendikbud menjelaskan banyak pihak itu seperti dinas pariwisata yang mempunyai tanggungjawab sampai bagaimana lulusan SMK Pariwisata harus bekerja di sebuah tempat pekerjaan. 
 
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo menyampaikan banyak hal-hal mendasar yang dilakukan dan akan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan tapi masih terkendala dengan regulasi.
 
”Regulasi kita banyak yang justru menjadi halangan bagi kami untuk mewujudkan pendidikan yang baik dan integritas. Jika memungkinkan pak Menteri, kami tentu akan sangat senang jika beberapa regulasi ditinjau," ujarnya.
 
Irman juga menunjukkan inovasi baru yang dibuat oleh Dinas Pendidikan yaitu aplikasi kehadiran berbasis online yaitu e-Panrita.
 
“Disini kami bisa cek berapa guru yang terlambat, untuk hari ini dari 16.800 guru pada hari ini yang terlambat masuk ke sekolah jumlahnya 3.043 orang dan sekarang yang tidak ada disekolah ada 529 orang”, tambahnya. 
 
Sementara itu Muhadjir sangat mengapresiasi inovasi Dinas Pendidikan Sulsel karena yang dilakukan untuk memajukan pendidikan di Sulawesi Selatan. "Ini bisa dijadikan contoh bagi provinsi lainnya," tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper