Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Otoritas Bandara Hong Kong Investigasi 5 Pramugari Singapore Airlines

Pihak otoritas Bandar Udara Internasional Hong Kong mulai menginvestigasi kasus lima awak Singapore Airlines yang memasuki kawasan terbatas tanpa melalui pemeriksaan keamanan pada pekan lalu sehingga mengakibatkan jadwal penerbangan tertunda hampir tiga jam.
Singapore Airlines/Antara
Singapore Airlines/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Pihak otoritas Bandar Udara Internasional Hong Kong mulai menginvestigasi kasus lima awak Singapore Airlines yang memasuki kawasan terbatas tanpa melalui pemeriksaan keamanan pada pekan lalu sehingga mengakibatkan jadwal penerbangan tertunda hampir tiga jam.

Para awak pesawat milik salah satu maskapai terbaik dan tersukses di Asia itu memasuki terminal keberangkatan tanpa pemeriksaan keamanan lazimnya yang dilakukan oleh awak pesawat lainnya.

Diduga kelima pramugari itu mendapatkan akses dari oknum tertentu, tulis South China Morning Post, Jumat (9/3/2018). Insiden tersebut sebenarnya terjadi pada 26 Februari 2018, namun baru diketahui publik sekarang.

Kelima pramugari Singapore Airlines bernomor penerbangan SQ-856 itu mendarat di Hong Kong pada pukul 13.35 waktu setempat (12.35 WIB).

Diperkirakan pukul 15.45 pada hari yang sama mereka kembali terbang ke Bandara Internasional Changi, Singapura, dengan armada yang sama.

Selama menunggu penerbangan kembali, seharusnya mereka meninggalkan pesawat atau keluar melalui terminal ketibaan dengan membawa surat izin. Kemudian mereka diperkenankan kembali lagi ke pesawat dengan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan keamanan yang lazim dilakukan awak lainnya dan calon penumpang pesawat.

Alternatif lainnya bisa melalui jalur transit untuk menuju pintu keberangkatan, demikian harian bermarkas di Hong Kong itu melaporkan. Namun, kelima pramugari tersebut keluar dari pesawat dan langsung menuju area terminal keberangkatan. Kemudian mereka balik lagi ke pesawat.

Lima menit sebelum tinggal landas, pihak keamanan bandara menyampaikan pesan kepada operator keberangkatan bahwa awak Singapore Airlines telah menghindari pemeriksaan. Polisi pun kemudian memanggil awak pesawat tersebut.

Pesawat tujuan Singapura itu tidak diizinkan terbang dan semua penumpang serta yang sudah berada di dalam pesawat diperintahkan turun untuk melakukan pemeriksaan ulang.

Hal itu dibenarkan oleh juru bicara otoritas Bandara Hong Kong. Sumber dari pihak Singapore Airlines mengaku mengetahui insiden tersebut.

"Awak kami melakukan perbuatan yang tidak lazim. Seharusnya mereka tahu prosedur yang benar. Seharusnya mereka tidak keluar melalui pintu keberangkatan. Pintu (yang memisahkan penumpang yang baru datang dan hendak terbang) membukanya harus dengan kartu gesek," ujarnya.

"Persoalan awak kami yang telah membuat penumpang tidak nyaman juga mendapat perhatian serius dari maskapai kami," kata sumber tersebut kepada SCMP.

Diduga ada oknum yang membukakan pintu dengan menggunakan kartu gesek dan kode tertentu sehingga kelima awak tersebut bisa langsung menuju pintu keberangkatan tanpa melalui pemeriksaan keamanan.
Juru bicara Singapore Airlines dalam pernyataannnya menyatakan bahwa keberangkatan pesawat bernomor penerbangan SQ-861 dari Hong Kong tujuan Singapura pada 26 Februari 2018 tertunda karena adanya awak kabin yang diminta membantu petugas bandara untuk memeriksa para penumpang.

Tentu saja, pemeriksaan ulang tersebut memerlukan waktu tambahan.

"Setelah pemeriksaan selesai, seluruh awak kabin diizinkan kembali ke pesawat sebelum terbang dari Hong Kong pada pukul 18.20 (waktu setempat)," demikian pernyataan juru bicara Singapore Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper