Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libatkan Penuh Perempuan Disabilitas di Masyarakat

Koalisi perempuan disabilitas mengampanyekan perempuan penyandang disabilitas agar dilibatkan sepenuhnya di masyarakat.
Ilustrasi disabilitas/Bisnis.com
Ilustrasi disabilitas/Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA - Koalisi perempuan disabilitas mengampanyekan perempuan penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus) agar dilibatkan sepenuhnya di masyarakat.

"Perempuan penyandang disabilitas harus dapat hidup dan terlibat sepenuhnya di masyarakat," kata Maulani Rotinsulu, Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), dalam Festival Perempuan Disabilitas Mengubah Dunia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Kamis (8/3/2018).

Festival diadakan oleh koalisi perempuan disabilitas yang diorganisir oleh HWDI, Persatuan Jiwa Sehat (PJS), dan didukung oleh Disability Rights Fund (DRF) dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.

Dalam festival ini terdapat diskusi publik dan beberapa lomba antara lain mural, mengarang puisi, melukis, dan video pendek.

"Acara berjalan dengan lancar dan animo masyarakat luar biasa. Bahkan kami mengadakan workshop lukis hingga dua kali karena jumlah peserta melebihi kuota," kata Ira Askarina, Ketua Pelaksana Panitia Festival.

Bedasarkan data yang dikeluarkan oleh panitia penyelenggara, terhitung lebih dari 600 orang yang hadir. Mereka adalah difabel dan masyarakat umum.

Ira juga mengatakan festival diselenggarakan secara mandiri dan mayoritas panitia diisi oleh perempuan difabel.

"Biasanya kami [perempuan difabel] yang diundang, tetapi kali ini kami yang mengadakan. Panitia luar biasa, mayoritas perempuan disabililitas," kata Ira.

Rahayu Saraswati, anggota Komisi VIII DPR dan Ledia Hanifa, anggota Komisi X DPR turut hadir di festival dan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba pada akhir acara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aprianus Doni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper