Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Yang Harus Disiapkan Perguruan Tinggi Hadapi Revolusi Industri 4.0.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan untuk menghadapi tantangan industri 4.0. yang berciri pada penekanan ekonomi digital, kecerdasan buatan, dan teknologi robotik, perguruan tinggi harus menghasilkan lulusan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan industri tersebut.
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Ilustrasi transformasi digital/Flickr

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan untuk menghadapi tantangan industri 4.0. yang berciri pada penekanan ekonomi digital, kecerdasan buatan, dan teknologi robotik, perguruan tinggi harus menghasilkan lulusan yang kompetensinya sesuai dengan kebutuhan industri tersebut.

“Revolusi digital ditandai dengan disrupsi digital yang harus disikapi. Untuk bisa bertahan dari revolusi ini, diperlukan kesiapan sumber daya manusia. Revolusi industri 4.0 juga membutuhkan sistem produksi yang inovatif dan berkelanjutan,” katanya pada Kuliah Umum dan Peresmian Gedung Grha INSTIPER di Yogyakarta, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/3/2018).

Menristekdikti mengharapkan dengan Model “University - Industry Partnership” yang telah diterapkan INSTIPER dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi.

“Sebagai pionir dalam pendidikan perkebunan dan pertanian, seluruh program pendidikan di INSTIPER diarahkan untuk selalu sesuai dengan kebutuhan industri masa kini dan masa depan,” ujarnya.

Rektor INSTIPER Purwadi mengatakan INSTIPER siap untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dan menjawab tantangan kemajuan zaman dengan pendidikan berbasis “University- Industry Partnership”.

"Dengan model tersebut alumni akan dibekali dengan keterampilan di bidang agro technology, forest management and technology, agro technic, agro technology and process, agro business, serta agro information technology," jelas Purwadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper