Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilu Italia Berakhir, Berlusconi Akan Kembali Berkuasa

Koalisi partai pimpinan mantan Presiden Silvio Berlusconi akan memenangkan pemilihan umum Italia dengan perolehan suara 33% 36% meski gagal meraup suara mayoritas.
Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi/Istimewa
Mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Koalisi partai pimpinan mantan Perdana Menteri  Silvio Berlusconi akan memenangkan pemilihan umum Italia dengan perolehan suara 33% 36% meski gagal meraup suara mayoritas.

Menurut penghitungan exit poll dari kantor berita resmi Italia, Ansa, Partai Forza yang dipimpin Berlusconi, bersama dengan Lega Nord, Persaudaraan Italia, dan Partai Kami Bersama Italia akan mendapatkan kursi terbanyak di Parlemen.

Pemungutan suara ditutup pada pukul 23.00 waktu setempat tadi malam, Senin (5/3/2018) dan hampir 46 juta warga memberikan suaranya.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, hasil exit poll memperlihatkan partai Berlusconi memperoleh 12%-15% dari total suara. Adapun partai-partai koalisi kanan tengah lainnya, Lega Nord pimpinan Matte Salvini akan mendapatkan sekitar 13% hingga 16% suara. Sedangkan, Partai Persaudaraan Italia pimpinan Giorgia Melony mendapatkan tiga hingga lima persen suara serta Partai Kami Bersama Italia pimpinan Raffaele Fitto meraih 0,2 persen suara.

"Partai anti-kemapanan Gerakan Lima Bintang (M5S) akan menjadi partai tunggal yang memperoleh suara terbanyak," sebgaimana dikutip CNN.com, Senin (5/3/2018).

Menurut kantor berita Ansa, M5S diperkirakan memperoleh 29,5% hingga 32,5% suara. Sedangkan suara partai berkuasa kanan tengah Partai Demokratik anjlok dengan hanya memperoleh 18,9% suara.

Partai M5S atau Lima Bintang dipimpin oleh Luigi Di Maio, 31 tahun. Baru terbentuk pada 2009 dipicu kemarahan publik atas maraknya korupsi di kalangan mapan Italia dan kesulitan ekonomi.

"Ini adalah momen nyata dari kemenangan," kata Alessandro Di Battista, seorang tokoh M5S.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper