Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2019, UI Ditargetkan Masuk 200 Kampus Terbaik Dunia

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan Universitas Indonesia bisa masuk ke dalam urutan 200 kampus dunia pada 2019.

Kabar24.com, DEPOK - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menargetkan Universitas Indonesia bisa masuk ke dalam urutan 200 kampus dunia pada 2019.

"Cita-cita saya Universitas Indonesia bisa masuk ke dalam urutan 200 kampus dunia, kemudian Institut Teknologi Bandung (ITB) masuk ke dalam 250 dunia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) ke dalam 300 dunia pada 2019," ujar Nasir saat memberikan sambutan penyerahan hibah laboratorium kampus terhubung Honeywell di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Depok, Jawa Barat, Kamis (1/3/2018).

Nasir menjelaskan pemberian bantuan laboratorium otomasi tersebut sangat penting dalam memajukan pendidikan tinggi di Tanah Air, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Amerika Serikat mempunyai pengalaman tinggi dalam teknologi. Kami berharap kerja sama ini terus bisa ditingkatkan karena riset sangat penting bagi negara kami," katanya.

Menristekdikti juga mendorong perguruan tinggi melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di dunia untuk meningkatkan penelitian dan juga mutu perguruan tinggi tersebut.

Laboratorium yang diberikan Honeywell menggunakan sistem dan perangkat lunak canggih untuk mengendalikan berbagai fasilitas di beberapa gedung kampus FTUI.

Keberadaannya bakal memungkinkan para mahasiswa dan dosen melakukan simulasi, belajar dan mengembangkan sistem gedung pintar dengan menggunakan modul dan perangkat lunak.

"Kami bangga menjadi universitas pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas canggih di Fakultas Teknik kami. Kami juga berterima kasih kepada Honeywell atas komitmen dan dukungannnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknik di Indonesia," kata Rektor Universitas Indonesia, Muhammad Anis.

Fasilitas tersebut diharapkan menjadi nilai tambah bagi program teknik sehingga mahasiswa dapat mempelajari teknologi terkini dari industri otomasi gedung dan sistim kendali. Kampus Fakultas Teknik UI menjadi pertama di Indonesia yang terhubung dengan Honeywell Building Technologies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper