Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakapolda Papua Tegaskan Proses 5 Oknum Brimob Terlibat Penembakan Warga

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigjen Polisi Yakobus Marjuki menegaskan proses hukum lima oknum anggota Brimob yang terlibat kasus penembakan warga bernama Imakulata Emakeparo di Cargo Dok Portsite Amamapare beberapa waktu lalu masih berlanjut.
Personel Brimob/Antara
Personel Brimob/Antara

Kabar24.com, TIMIKA - Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Brigjen Polisi Yakobus Marjuki menegaskan proses hukum lima oknum anggota Brimob yang terlibat kasus penembakan warga bernama Imakulata Emakeparo di Cargo Dok Portsite Amamapare beberapa waktu lalu masih berlanjut.

"Berkaitan dengan anggota yang terlibat kasus itu akan segera ditentukan apakah mereka melakukan pelanggaran hukum pidana ataukah pelanggaran disiplin. Jika pelanggarannya pidana maka akan ditindaklanjuti oleh bagian reserse. Intinya harus segera ada kepastian hukum," kata Brigjen Pol Yakobus saat dihubungi dari Timika, Selasa (27/2/2018).

Yakobus menegaskan lima oknum anggota Brimob yang diperiksa tersebut tergabung dalam Satgas Amole untuk pengamanan obyek vital PT Freeport Indonesia di kawasan Pelabuhan Amamapare.

Kelima anggota Brimob dimaksud merupakan anggota Satuan Brimob Polda Kalimantan Timur yang melaksanakan BKO Satgas Pengamanan PT Freeport.

"Intinya tim sedang bekerja. Tim nantinya akan memberikan masukan kepada Bapak Kapolda (Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar) untuk keputusan selanjutnya," jelas Brigjen Yakobus.

Waka Polda mengstakan upaya rehabilitasi sosial terhadap keluarga korban kasus penembakan itu tetap dilakukan, terutama dengan melibatkan jajaran Detasemen B Brimob Polda Papua di Timika.

Kegiatan serupa diharapkan juga dilakukan oleh pihak manajemen PT Freeport agar permasalahan tersebut bisa tuntas.

Imakulata Emakeparo, wanita asal Kampung Timika Pantai yang bermukim di Pulau Karaka, Distrik Mimika Timur Jauh meninggal dunia pada Sabtu (3/2/2018) malam usai terjadi keributan antarwarga dengan aparat di sekitar Cargo Dok Portsite Amamapare.

Korban mengalami lukab robek pada bagian kening hingga menembus kepala bagian belakang. Keributan antarwarga dengan aparat bermula saat petugas melihat tiga orang memasuki kawasan pabrik pengeringan konsentrat milik PT Freeport.

Petugas kemudian melakukan pengejaran dan menangkap NR, pemuda berusia 18 tahun. Saat hendak dibawa ke Polres Mimika menggunakan perahu motor, NR yang tangannya diborgol nekad melompat dari perahu.

Tidak itu saja, NR seketika berteriak-teriak meminta pertolongan warga sehingga warga Pulau Karaka melempari petugas dengan batu. Saat itulah aparat mengeluarkan beberapa kali tembakan peringatan untuk meredam aksi warga.

"Tim akan menggali lebih jauh apakah tindakan anggota saat itu dilakukan secara sengaja atau karena kelalaian. Ini semua akan dicek secara profesional dan akan dicocokkan dengan keterangan dari warga. Kami juga masih menunggu hasil penelitian Labfor Makassar terhadap barNg bukti selongsongan peluru yang ditemukan di lokasi kejadian," kata Wakapolda Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper