Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Bubarkan 3.600 Koperasi

Sebanyak 3.600 koperasi di Provinsi Jawa Tengah dibubarkan, karena tidak ada pengurusan yang baik dan pencatatan keuangan yang tidak terbuka.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Kabar24.com, SEMARANG- Sebanyak 3.600 koperasi di Provinsi Jawa Tengah dibubarkan, karena tidak ada pengurusan yang baik dan pencatatan keuangan yang tidak terbuka.

"Kita bubarkan karena, alamat tidak jelas, pengurusnya tidak ada. Laporan juga tidak ada. Prinsipnya kita lebih baik sedikit tapi anggota banyak dan bagus, dari pada koperasi banyak tapi tidak terkontrol," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Ema Rachmawati, di Semarang, Jumat (23/2/2018).

Ema menyebutkan, saat ini koperasi yang terdata di Provinsi sebanyak 640 koperasi, kemudian kalau se-Jawa Tengah yang diawasi oleh kabupaten dan kota mencapai 25.000 koperasi.

"Saat ini banyak pengurus-pengurus koperasi yang tidak ada di pengawasan kita, kita tanya, mau dibubarkan atau bagaimana," tambahnya.

Kemudian Provinsi Jawa Tengah juga sedang menggagas adanya sistem Koperasi Digital, untuk memudahkan para pengurus koperasi mendata secara digital dan mungkin saja bisa online.

"Koperasi digital di Jawa Tengah belum punya. Hanya baru koperasi yang besar seperti kospin yang sudah punya sistem itu. Tahun ini kita diskusikan dan akan minta bantuan sama koperasi besar. Mudah-mudahan terealisasi," ucapnya.

Koperasi dengan bentuk digital bertujuan untuk membantu para pengurus koperasi. Karena masih banyak yang salah nulis, masih manual sekali pencatatannya.

"Misal anggota 100 pengurus harus menulis di 18 buku, kan jadi malas nulis ya. Saya pengen liat dulu ke temen2 koperasi besar, bisa dipakai enggak program digital untuk pengurus koperasi di Jateng," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper