Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putri Gubernur DKI Anies Baswedan Wakili UI di Simulasi Sidang PBB

Universitas Indonesia mengirimkan tujuh perwakilannya pada ajang prestisius dan bergengsi . Salah satu delegasi UI adalah Mutiara Annisa Baswedan, putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. http://cms.bisnis.com/admin/article/add#
Mutiara Annisa Baswedan/Facebook
Mutiara Annisa Baswedan/Facebook

Kabar24.com, JAKARTA -  Universitas Indonesia mengirimkan tujuh perwakilannya pada ajang prestisius dan bergengsi Harvard National Model United Nations 2018.

Salah satu delegasi UI adalah Mutiara Annisa Baswedan, putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mutiara menjadi salah satu dari tujuh delegasi yang mewakili UI untuk simulasi sidang Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB) yang diadakan di Boston, Massachussets, Amerika Serikat pada 15-18 Februari 2018 lalu.

HNMUN adalah ajang yang sangat prestisius karena merupakan simulasi sidang PBB yang paling tua dan paling bergengsi di seluruh dunia. Kegiatan ini diikuti 2.700 peserta dari 69 negara, terdiri dari 300 orang yang mewakili lebih dari 100 negara dari perguruan tinggi ternama di dunia.

Universitas ternama itu seperti Yale University, Columbia University, Delhi University dan universitas-universitas ternama lainnya.

Mutiara mengungkapkan serunya simulasi sidang umum PBB tersebut. Bahkan, ujarnya, hal itu sudah dirasakan Tia, sapaan akrab Mutiara, sejak proses seleksi dan persiapan menjelang simulasi sidang.

"Kami mengumpulkan berkas essay dan CV untuk seleksi, selanjutnya ada simulasi sidangnya dan wawancara. Setelah itu kami melewati masa percobaan saat kami mengikuti lomba HNMUN dan berlatih sekitar seminggu sekali," kata Tia dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Keseruan berlanjut pada saat HNMUN 2018 berlangsung. Tia disimulasikan mewakili Negara Belarus di International Atomic Energy Association (IAEA). Tia juga dituntut untuk memperjuangkan kepentingan negara yang diwakili dengan melakukan pidato, negosiasi, dan drafting resolusi.

"Bagi kami ini sangat menantang karena mengharuskan kami mengadu kemampuan komunikasi, kepemimpinan dan pemecahan masalah dengan ratusan perwakilan dari universitas-universitas ternama di dunia," kata Tia.

Perjuangan Tia bersama enam delegasi UI membawa hasil yang menakjubkan. Delegasi Universitas Indonesia berhasil menyabet penghargaan Diplomatic Commendation Award untuk delegasi I Gde Stithaprajna Virananda dan Aurora Maria Sarah Silitonga di Komite Economic and Financial.

Dengan membawa topik Global Access to Financial Services, serta Diplomatic Commendation Award untuk delegasi Kenneth Nicholas dan Dominique Virgil di Legal Committee dengan topik The Protection of Threatened Religious Minority Groups.

"Alhamdulillah kami delegasi UI bisa membawa pulang penghargaan dan bisa mengharumkan nama Indonesia di tengah-tengah kompetisi yang sangat prestisius," kata Tia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper