Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SMP Cendekia Baznas Tak Pungut Biaya Apa pun Sampai Siswa Lulus

Panitia Pendaftaran Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) SMP Cendekia Baznas (SCB) 2018 menerima 252 anak dari 34 kabupaten/kota di 17 provinsi, yang mendaftar pada 1-26 Januari 2018.
Proses seleksi calon peserta didik SMP Cendikia Baznas Bogor./Istimewa
Proses seleksi calon peserta didik SMP Cendikia Baznas Bogor./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Panitia Pendaftaran Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) SMP Cendekia Baznas (SCB) 2018 menerima 252 anak dari 34 kabupaten/kota di 17 provinsi, yang mendaftar pada 1-26 Januari 2018.

Direktur Pendistribusian Baznas, Mohd Nasir Tajang, mengatakan masa pendaftara pada 1-26 Januari 2018 telah berakhir dan dilanjutkan proses seleksi yang dilaksanakan di 20 kota yang terdekat dari tempat tinggal para peserta.  

“Seluruh peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas harus mengikuti tes akademik pada 18 Februari 2018 dan proses tahap berikutnya," katanya, Senin (19/2/2018). 

Menurutnya, seleksi siswa itu dilakukan melalui 4 tahap tanpa dipungut biaya apa pun yaitu tahap administrasi (berkas), tes akademik 18 Februari 2018, psikotes dan Al-Quran pada 11 Maret 2018, serta survei factual pada 2-13 April 2018.

Dia menjelaskan SMP Cendekia Baznas (SCB) merupakan sekolah gratis bagi mustahik yang lolos seleksi. Seluruh biaya operasionalnya ditanggung Baznas, termasuk pakaian seragam, buku-buku pelajaran, biaya hidup dan pengembangan diri selama 3 tahun belajar di sekolah tersebut  

Lokasi sekolah berasrama, SMP Cendekia Baznas, berada di Ahbabullah Center, Kampung Cirangkong, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor itu setiap tahun hanya menerima 60 siswa puta dan putri.

Sementara itu Wakil Kepala SMP Cendikia Baznas, Ahmad Kamaludin, mengatakan siswa yang dinyatakan lolos tahap ujian akademik, akan mengikuti tes psikologi pada 11 Maret 2018, dan dilanjutkan survei faktual pada 2-13 April 2018 ke tempat tinggal peserta. 

"Para siswa yang diterima pada tahap akhir, akan diumumkan pada 2 Mei 2018, berjumlah sesuai kuota sebanyak 64 siswa, yang terdiri dari 32 putra dan 32 putri, yang dibagi ke dalam dua rombongan belajar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper