Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Eceran di Semarang Membaik

Penjualan eceran Kota Semarang diindikasikan mengalami perbaikan pada Desember 2017. Hal tersebut merujuk pada hasil survei penjualan eceran, dimana Indeks Penjualan Eceran Riil (IPR) tercatat sebesar 189,5, atau tumbuh sebesar 5,3% dibandingkan November lalu.

Kabar24.com, SEMARANG - Penjualan eceran Kota Semarang diindikasikan mengalami perbaikan pada Desember 2017. Hal tersebut merujuk pada hasil survei penjualan eceran, dimana Indeks Penjualan Eceran Riil (IPR) tercatat sebesar 189,5, atau tumbuh sebesar 5,3% dibandingkan November lalu.

Tingkat pertumbuhan tersebut dirasa lebih lambat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar 6,6%. Pertumbuhan dialami oleh seluruh kelompok komoditas, kecuali kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang tercatat stabil.

"Pertumbuhan tertinggi terjadi pada komoditas peralatan komunikasi 13,3% perlengkapan rumah tangga lainnya 8,7% serta sandang 6,0% dibandingkan bulan sebelumnya," kata Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra dalam keterangan pers Rabu (14/2/2018).

Rahmat menambahkan secara tahunan, penjualan eceran di Kota Semarang masih terpantau menurun. Pada Desember 2017, IPR menurun sebesar 4,4% year on year (yoy) lebih dalam dibandingkan penurunan bulan sebelumnya yang tercatat 3,2%.

Setelah dinalisis lebih rinci, penurunan penjualan ritel terjadi pada 6 dari 8 kelompok komoditas. Tiga kelompok dengan penurunan terdalam yaitu perlengkapan rumah tangga 23,2% barang lainnya 16,5% serta barang budaya dan rekreasi 12,4% dibanding 2016.

Sementara itu, penjualan kelompok komoditas peralatan dan komunikasi dan kelompok sandang mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 9,9% (yoy) dan 0,2% (yoy).

"Sesuai pola musiman akhir tahun, kinerja penjualan eceran Kota Semarang diperkirakan terkontraksi pada Januari 2018. Perkiraan IPR Januari 2018 tercatat sebesar 181,1, atau turun 4,4% dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan tersebut disebabkan karena normalisasi konsumsi masyarakat pasca akhir tahun," katanya.

Namun demikian pergerakan penurunan tersebut tidak setajam Januari tahun lalu yang sebesar 8,0% dibanding Desember 2017. Apabila dianalisis secara tahunan, penjualan eceran pada Januari 2018 diperkirakan masih mengalami pergerakan penurunan. Penurunan IPR pada Januari 2018 yaitu sebesar 0,7% (yoy), relatif rendah dibandingkan kontraksi pada Desember 2017 yang tercatat 4,4% (yoy).

Ekspektasi omset penjualan pada tiga dan enam bulan yang akan datang masih berada pada level optimis. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Penjualan yang berada di atas angka 100.

"Optimisme retailer terhadap penjualan eceran pada 3 bulan mendatang (April 2018) diperkirakan relatif stabil dibandingkan optimisme pada bulan sebelumnya," tambahnya.

Indikasi tersebut terlihat dari indeks ekspektasi omset penjualan 3 bulan mendatang yang tetap di level 118,6. Namun demikian, keyakinan pedagang pada 6 bulan yang akan datang (Juli 2018) diperkirakan melemah, terindikasi dari Indeks ekspektasi penjualan 6 bulan mendatang yang sebesar 167,4 lebih rendah dari indeks 176,7 pada bulan sebelumnya.

Tekanan kenaikan harga secara umum pada tiga bulan yang akan datang diperkirakan relatif stabil dibandingkan tekanan pada bulan sebelumnya. Indikasi ini terlihat dari ineks ekspektasi harga umum 3 bulan mendatang (April 2018) sebesar 123,3, sama dengan indeks bulan sebelumnya.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Juli 2018) diperkirakan meningkat akibat faktor musiman memasuki hari raya Idul Fitri, tercermin dari indeks ekspektasi harga umum 6 bulan mendatang sebesar 167,4, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 165,1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper