Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Tangkap Buaya Betina 70 Tahun Seberat 600 Kg

Warga berhasil menangkap buaya di Kuala Malehan, Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Arakundo, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada Selasa (13/2/2018), diperkirakan berusia 70 tahun.
Penangkaran buaya Teritip/balikpapan.wordpress.com
Penangkaran buaya Teritip/balikpapan.wordpress.com

Kabar24.com, LHOKSEUMAWE - Warga berhasil menangkap buaya di Kuala Malehan, Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Arakundo, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada Selasa (13/2/2018), diperkirakan berusia 70 tahun.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh Dedi Irvansyah, Selasa (13/2/2018) malam mengatakan, bahwa setelah dilakukan pemeriksaan oleh pihaknya terhadap seekor buaya muara yang ditangkap oleh warga di aliran sungai Krueng Arakundo berjenis kelamin betina tersebut memiliki bobot lebih kurang 600 kilogram, panjang tubuh 4,80 meter, lebar 60 cm.

Selain itu, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap usia buaya dimaksud dari giginya, pihaknya menyimpulkan bahwa usianya diperkirakan sekitar 70 tahun.

"Umur buaya tersebut diperkirakan sekitar 70 tahun, hal itu dikarenakan giginya yang sudah rontok," jelas Dedi.

Buaya tersebut hingga kini masih menjadi tontonan warga di lokasi dan belum direlokasi ke tempat lain. Pihaknya akan menitipkan buaya tua itu ke Taman Hutan Langsa, Kota Langsa, Provinsi Aceh.

"Buaya masih di lokasi dan terlihat sehat serta aman. Antusias warga untuk melihatnya masih tinggi dan rencananya untuk penanganan selanjutnya akan dititipkan di Taman Hutan Langsa," terang Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe BKSDA Aceh.

Sebagaimana diberitakan, sejumlah warga menangkap seekor buaya ukuran besar dari Kuala Malehan, terusan Sungai Arakundo, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (13/2/2018).

Menurut Kapolsek Simpang Ulim, Iptu Dasril, selama ini buaya dimaksud sering muncul di permukaan sungai kawasan itu, sehingga banyak nelayan yang merasa takut diganggu saat mereka beraktivitas di sungai.

"Selama ini kita belum menerima laporan tentang ada nelayan atau masyarakat yang diganggu buaya. Mungkin, warga menangkapnya, karena takut sebab buaya itu sering muncul ke permukaan," katanya.

Seorang warga setempat, Furkan, menyebut bahwa penangkapan buaya tersebut, berawal saat dua warga hendak pergi ke tambak, menggunakan perahu motor. Lalu, mereka melihat seekor buaya bersandar di pinggir sungai, sehingga mereka memanggil warga lainnya untuk upaya penangkapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper