Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Great of Garuda Karya Perupa Bali Ikuti Pameran Art Paris

Perupa asal Bali, I Gde Ngurah Panji, diundang mengikuti pameran seni rupa Art Paris 2018.
Perupa Gde Ngurah Panji dan karyanya Great Of Garuda.
Perupa Gde Ngurah Panji dan karyanya Great Of Garuda.

Kabar24.com, DENPASAR—Perupa asal Bali, I Gde Ngurah Panji, diundang mengikuti pameran seni rupa Art Paris 2018.

Panji mengatakan memiliki jaringan yang cukup bagus di Prancis karena pernah bekerja dan belajar di negeri itu.

Ia menyertakan sebuah karya berjudul “Great of Garuda” ukuran 128 x 88 cm dalam pameran seni rupa internasional yang akan digelar di Grand Palais, April 2018 mendatang.

Burung garuda, selain menjadi inspirasi lambang negara Indonesia yakni Garuda Pancasila, juga merupakan tokoh penting dalam mitologi Hindu.

“Saya mengangkat tema garuda bukan sebagai bagian histori dalam khazanah mitologi tersebut, melainkan lebih merujuk kepada filosofinya,” katanya ketika dihubungi, Senin (12/2/2018).

Menurut Panji garuda merupakan energi kosmis dari tatanan alam semesta yang bersifat universal. Garuda merupakan sosok pelindung dan pemberi motivasi. Baginya, penghormatan kepada garuda merupakan penghormatan kepada alam semesta.

Panji telah akrab dengan atmosfer berkesenian di Eropa krena pernah mukim 3,5 tahun di Perancis. Ketika itu ia belajar seni dari sejumlah seniman serta kuliah di Universitas Aix-Marseille. Dalam pengembaraan itu Panji berhasil mengelaborasi seni tradisional Bali dan teknik seni rupa modern Barat.

Ia menggabungkan teknik sfumato dan teknik chiaroscuro. Teknik sfumato atau berkabut dilakukan dengan cara melapiskan warna-warna untuk menciptakan ilusi kedalaman, volume serta bentuk melalui tekanan tertentu pada kuas.

Sedangkan teknik chiaroscuro mengontraskan cahaya dan bayangan terhadap objek yang menegaskan gelap-terang serta kesan tiga dimensi. Panji juga memasukkan beberapa teknik yang ia kembangkan sendiri. Proses berkarya Panji ini dipuji dalam sebuah artikel di majalah Art De Bourdeaux.

Karya Panji yang menggabungkan sejumlah teknik itu disebut sebagai gaya klasik etnik kontemporer. Sejumlah karyanya telah dikoleksi para kolektor dunia seperti Larry Gagosian, pemilik 11 galeri terkemuka di Eropa dan Amerika Serikat, yang mendapatkan lukisan Panji pada lelang di Harriet Auction seperti diwartakan The American Art News. Grenoble Museum Perancis juga mengoleksi karya Panji.

Panji pernah mendapat kesempatan bekerja dan belajar di Paris berkat La Unique Art Foundation, Limoges France, yang jeli melihat minat dan bakat perupa ini. Bahkan ia sempat dikirim untuk mengikuti kompetisi seni rupa internasional mewakili Perancis.

Panji yang kelahiran 4 April 1989 ini adalah alumnus SMSR Sukawati dan sempat kuliah beberapa bulan di ISI Denpasar. Ia mengikuti berbagai pameran di Singapura, Hong Kong, Thailand, dan Australia. Selain itu pameran di Take At Gallery, Osaka, Jepang dan kompetisi kaligrafi Yin Yang di Guangdong, China serta berbagai pameran di sejumah kota di Indonesia.

Wayan Sutarma, pemilik Damping Gallery yang juga manajer Panji mengatakan karya seniman asal Klungkung yang kini tinggal di Mengwi, Badung ini sangat kental dengan tradisi Bali yang diperkuat dengan teknik seni rupa modern Barat.

“Teknik canggih itu dipadu dengan pendalaman Panji terhadap filosofi dan kearifan lokal yang tergambar lekat dalam setiap karya,” kata Wayan di Jakarta yang dihubungi melalui ponselnya.

Wayan sempat berkolaborsi dengan Panji saat menyelesaikan proyek seni rupa relief kayu yang dipamerkan di Damping Gallery akhir 2017 lalu. Mereka berdua memiliki kesamaan visi untuk ikut memberikan sumbangsih bagi seni rupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper