Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, Berlian Putih Ini Diprediksi Terjual Rp499 Miliar

Sebuah berlian seukuran stroberi besar diperkirakan akan dapat memecahkan rekor dunia saat dilelang di Sotheby's, London, bulan ini.
Berlian putih/cnbc
Berlian putih/cnbc

Kabar24.com, JAKARTA – Sebuah berlian seukuran stroberi besar diperkirakan akan dapat memecahkan rekor dunia saat dilelang di Sotheby's, London, bulan ini.

Harga berlian itu diperkirakan mencapai US$33 juta atau sekitr Rp499 miliar. Ini akan menjadi rekor tertinggi dari penjualan berlian putih yang selama ini ada.

Dengan berat 102,34 karat, berlian tersebut memang terhitung lebih kecil dari berlian oval 118 karat, yang berhasil terjual di Hong Kong pada 2013 dan memegang rekor harga per karat saat ini.

Meski demikian, Sotheby's, yang juga menangani transaksi penjualan berlian 118 karat itu di Hong Kong, memperkirakan kelangkaan ukuran yang lebih kecil berikut kualitas tingginya akan membuat berlian tersebut menarik harga yang lebih tinggi lagi.

“(berlian yang dijual di Hong Kong) terjual seharga HK$260.000 per karat, yang saat ini merupakan rekor dunia untuk berlian tanpa warna. Namun potongan berlian yang bulat dan bersinar ini, penawaran harganya akan lebih besar,” ujar Patti Wong, chairman Sotheby's Diamonds kepada Reuters.

Menurut Sotheby's, berlian tersebut adalah satu-satunya berlian berukuran di atas 100 karat yang mendapatkan nilai tertinggi dalam setiap kriteria oleh Gemological Institute of America. Kriteria yang dimaksud yakni karat, warna, kejernihan, dan potongan.

Untuk diketahui, Gemological Institute of America adalah lembaga nirlaba didedikasikan untuk penelitian dan pendirikan di bidang seni perhiasan yang kerap memberikan penilaian atas kualitas batu mulia.

Berlian itu telah dipamerkan pada Kamis (8/2) di Sotheby's London dan akan dijual secara tertutup. Hingga berita ini diturunkan masih belum ada informasi terkait harga penawaran untuk berlian yang ditambang di Botswana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper