Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

POLITISI TERPEGAH : Setya Novanto "Pimpin" Megawati dan Prabowo Dalam Daftar Ini

Mantan Ketua DPR dan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengalahkan Megawati dan Prabowo dalam daftar politisi terpegah.
Setya Novanto/ANTARA-Sigid Kurniawan
Setya Novanto/ANTARA-Sigid Kurniawan

Kabar24.com, JAKARTA - Mantan Ketua DPR dan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengalahkan Megawati dan Prabowo dalam daftar politisi terpegah.

Indonesia Indicator menyebutkan ada 10 nama politisi terpegah (paling banyak diberitakan media massa) sepanjang Januari 2018.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (8/2/2018), mengatakan nama-nama politisi itu diambil dari seluruh pemberitaan media online di Indonesia sepanjang Januari 2018 yang berjumlah 729.710 berita dari 1.123 media online.

"Tokoh politik atau politisi di dalam kategori ini adalah politisi, baik yang menjadi legislator di Senayan maupun menjabat sebagai pimpinan parpol," kata Rustika.

Sedangkan, politisi yang berada di posisi eksekutif, seperti presiden, wakil presiden, menteri, gubernur, kata dia, tidak termasuk dalam kategori dalam riset ini, karena pemberitaan terhadap mereka lebih banyak dihubungkan dengan posisinya sebagai pejabat negara.

Menurut Rustika, Setya Novanto tampil pada posisi puncak sebagai politisi yang paling banyak diberitakan media massa sepanjang Januari 2018. Terdapat 10.554 berita dari 463 media online memberitakan politisi Partai Golkar yang kini sedang menjalani proses hukum di Pengadilan Tipikor.

Framing utama media terhadap Setnov, kata Rustika, lebih banyak berhubungan dengan perkembangan kasus yang membelitnya, selain pada isu kandidat yang telah ditetapkan pada masa kepemimpinan Setya Novanto.

"Ini yang menyebabkan framing media dengan sentimen negatif terhadap Setya Novanto mencapai 40 persen," kata Rustika.

Politisi terpegah kedua diduduki Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Nama ini paling banyak disebutkan oleh media massa, khususnya dalam penentuan nama-nama calon kandidat yang akan berkompetisi dalam pilkada.

Menurut Rustika, media memposisikan Megawati sebagai salah satu tokoh politik "penentu" atas keputusannya dalam pilkada.

"Topik tentang hubungan antara Ketua Umum PDI Perjuangan ini dengan proses pencalonan kandidat gubernur menjadi perbincangan di media. Megawati diberitakan sebesar 5.770 berita dari 517 media online," ujar Rustika pula.

Politisi terpegah ketiga diduduki Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Posisi Prabowo juga banyak dikaitkan dengan penentuan nama-nama kandidat yang diusung partainya untuk berlaga di pilkada. Prabowo diberitakan sebanyak 4.360 berita, dengan framing netral dan positif.

Tujuh nama politisi terpegah lainnya yang terbanyak diberitakan media sepanjang Januari 2018 adalah Oesman Sapta Odang (4.217 berita), Zulkifli Hasan (3.553 berita), Bambang Soesatyo (3.544 berita), Susilo Bambang Yudhoyono (3.266 berita), Hasto Kristiyanto (2.483 berita), Fadli Zon (1.638 berita) serta Sarifuddin Sudding (1.626 berita).

"Dilihat dari asal parpol tampak PDIP, Golkar, Gerindra, serta Hanura memiliki dua kader yang paling banyak diberitakan media. Sementara PAN dan Demokrat masing-masing satu kader," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper