Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Narkotika, BNNP dan BNPT Jatim Sasar Apartemen

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Jawa Timur menggelar aksi pencegahan narkotika dengan menyasar sektor hotel dan apartemen yang kerap berpotensi menjadi tempat berkumpulnya pelaku narkoba.
Dari kiri ke kanan, CEO Gunawangsa Group Triandy Gunawan, Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang  Budi Santoso, Kepala BNPT Jatim Soubar Isman dan GM Gunawangsa Ufuk Saputra Wibowo saat menggelar aksi pencegahan terorisme dan narkotika di Apartemen Gunawangsa MERR Surabaya, Selasa (6/2/2018).
Dari kiri ke kanan, CEO Gunawangsa Group Triandy Gunawan, Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso, Kepala BNPT Jatim Soubar Isman dan GM Gunawangsa Ufuk Saputra Wibowo saat menggelar aksi pencegahan terorisme dan narkotika di Apartemen Gunawangsa MERR Surabaya, Selasa (6/2/2018).

Kabar24.com, SURABAYA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Jawa Timur menggelar aksi pencegahan narkotika dengan menyasar sektor hotel dan apartemen yang kerap berpotensi menjadi tempat berkumpulnya pelaku narkoba.

Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso mengatakan setiap tempat bisa dijadikan sarang narkotika, bahkan lokasi seperti apartemen, hotel dan juga kos-kosan kerap dijumpai para pelakunya.

"Memang akhir-akhir ini apartemen banyak dijadikan tempat mereka menggunakan narkoba bahkan memproduksi. Di sini kami butuh kerja sama semua pihak baik TNI Polri, pemilik hotel/apartemen, RT/RW dan warga sekitar untuk ikut mencegah, melaporkan kalau ada yang pakai," jelasnya saat Pembekalan Relawan-Penggiat Anti Narkoba dan Terorisme di Gunawangsa MERR, Selasa (6/2/2018).

Dia mengatakan pencegahan perlu dilakukan karena rata-rata di Indonesia ada 40-50 orang meninggal per hari karena narkoba terutama usia muda. Dengan mudahnya orang menggunakan narkoba, mana Indonesia kerap dijadikan pangsa pasar bagi dunia.

"Tidak ada satu daerah pun yang tidak lepas dari narkoba. Gerakan kita bukan sekedar memasang stiker dan balihi tapi betul-betul memperhatikan, dan melaporkan," katanya.

Dia memaparkan data BNNP Jatim selama 2017 tercatat ada sekitar 3.288 orang yang menjalankan rehabilitasi akibat narkoba. Mereka kebanyakan berusia antara 10 tahun sampai 30 tahun.

"Angka pengguna narkoba dengan usia muda itu mendominasi sebanyak 60%, sisanya orang yang sudah matang dan mapan," imbuhnya.

Data Polda Jatim menyebut selama 2017 telah menangani 4.909 kasus narkoba dengan total jumlah tersangka ada 6.013 orang. Jumlah tersebut naik 3,37% dibandingkan tahun sebelumnya yakni ada 4.749 kasus dan jumlah tersangka naik 1,71% dibandingkan 2016 yakni ada 5.912 tersangka.

Pada 2017, hasil temuan narkotika di Jatim dengan barang bukti narkoba kebanyakan berupa ganja 80.074 kg, sabu-sabu 87,609 kg, dan pil ekstasi 25.535 butir. Tembakau gorila 506,4 gram, juga ada obat daftar G sebanyak 10,5 juta butir.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BNPT Jatim Soubar Isman menambahkan, sedangkan aksis terorisme di Jatim yang dilakukan di apartemen sejauh ini belum ada data pasti. Namun lokasi ini, katanya, juga perlu dilakukan antisipasi dan pencegahan sebelum terjadi.

"Meski belum ada tapi dari penelitian saya pada 2014, bahwa Jatim sudah perku ada kewaspadaan terhadap paham teror radikalisme," katanya.

Untuk itu, tambah Soubar, kerja sama BNPT- BNNP dengan para pemilik gedung, sekuriti yang bertugas juga termasuk karyawan-karyawan yang menjadi relawan dan penggiat anti narkoba dan terorisme.

CEO Gunawangsa Group, Triandy Gunawan menambahkan apartemen Gunawangsa merupakan yang pertama kalinya menjadi sasaran aksi pencegahan penyalagunaan narkotika maupun aksi terorisme.

"Yang mengikuti pelatihan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan terorisme ini dari beragam profesi sedikitnya ada 100 peserta yang ikut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper