Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korut Peroleh Suku Cadang Nuklir dari Jerman

Korea Utara (Korut) memperoleh suku cadang dan teknologi senjata nuklir melalui kedutaan mereka di Berlin, menurut badan intelijen Jerman Bundesamts fr erfassungsschutz (BfV).
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberi panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang  dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberi panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Korea Utara (Korut) memperoleh suku cadang dan teknologi senjata nuklir melalui kedutaan mereka di Berlin, menurut badan intelijen Jerman Bundesamts für erfassungsschutz (BfV).

Dalam wawancara dengan saluran televisi Jerman, NDR, Kepala BfV, Hans-Georg Maassen mengatakan bahwa banyak upaya Korut lewat Kedubes mereka itu yang bisa dihadang dan digagalkan, namun tidak semuanya terdeteksi.

Dia tidak mengatakan jenis teknologi apa yang didapat Korut, namun menegaskan semua itu dapat digunakan untuk tujuan sipil dan militer.

Korea Utara terus mengembangkan rudal dan senjata nuklir meski kena berbagai sanksi internasional.

Sebuah laporan menyebut bahwa Korut memperoleh hampir US$200 juta tahun lalu dengan mengekspor komoditas yang dilarang. Tujuan ekspor itu antar lain ke China, Rusia dan Malaysia.

"Kami mengamati bahwa banyak kegiatan pengadaan barang dilakukan dari kedutaan," kata Hans-Georg Maassen, pimpinan BfV dalam sebuah wawancara sebagaimana dikutip BBC.com, Senin (5/2/2018).

Sementara itu, panel ahli PBB telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa Korea Utara membantu Suriah untuk mengembangkan senjata kimia serta memberikan rudal balistik ke Myanmar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper