Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Kucurkan Rp25 Triliun untuk Jaminan Kesehatan Rakyat Miskin

Pemerintah India mengalokasikan anggaran hingga 120 miliar rupee atau sekitar Rp25 triliun untuk jaminan kesehatan 100 juta keluarga miskin

Kabar24.com, JAKARTA -- Pemerintah India mengalokasikan anggaran hingga 120 miliar rupee atau sekitar Rp25 triliun untuk jaminan kesehatan 100 juta keluarga miskin.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (3/2/2018), program yang memberikan akses kesehatan bagi keluarga miskin itu akan berasal dari sumbangan pemerintah federal sebesar 60% dan 40% dari pemerintah negara bagian.

Dalam sebuah presentasi yang ditampilkan oleh National Institution for Transforming India pada Jumat (2/2/2018) lalu, program jaminan kesehatan akan didasarkan pada model asuransi atau model trust. Negara bagian memiliki fleksinilitas untuk memilih diantara keduanya.

Menteri Keuangan India, Arun Jaitley mengatakan anggara jaminan kesehatan akan menutup premi tahunan bagi sebesar 1.200 rupee atau Rp251.731 per keluarga. Premi itu bisa memberikan manfaat hingga 500.000 rupee atau Rp104,88 juta.

Pemerintah India memang tengah membenahi sistem kesehatan untuk masyarakat kurang mampu dengan program asuransi kesehatan. Di India yang penetrasi asuransinya rendah, sekitar 60% biaya kesehatan ditanggung sendiri oleh masyarakat dari penghasilan mereka. Sebanyak 70 juta orang di India juga jatuh miskin setiap tahunnya karena tidak mampu menjangkau akses kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper