Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GERHANA BULAN TOTAL: Ribuan Warga Padang Salat Gerhana di Masjid Raya Sumbar

Ribuan warga Kota Padang, Sumatra Barat melaksanakan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar, sekaligus menyaksikan fenomena alam gerhana bulan total dari masjid tersebut.
Gerhana bulan total/Bisnis.com-Andhika
Gerhana bulan total/Bisnis.com-Andhika

Bisnis.com, PADANG—Ribuan warga Kota Padang, Sumatra Barat melaksanakan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar, sekaligus menyaksikan fenomena alam gerhana bulan total dari masjid tersebut.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengajak warga untuk meningkatkan ketaqwaan dengan melaksanakan zikir dan shalat sunnah saat fenomena alam demikian terjadi.

“Jadi peristiwa alam seharusnya diisi dengan zikir dan tafakur, serta shalat sunnah. Jangan sampai fenomena seperti ini diwarnai dengan mistik dan syirik,” ujarnya, Rabu (31/1/2018).

Saat fenomena gerhana bulan kali ini, Irwan mengaku bersyukur karena masyarakat memenuhi Masjid Raya Sumbar untuk melaksanakan shalat gerhana. Begitu juga di masjid – masjid lainnya di Kota Padang.

Adapun, pelaksanaan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar dilaksanakan setelah ibadah shalat isya.

Masyarakat bisa menyaksikan gerhana bulan total tersebut dengan menggunakan teleskop yang dihubungan ke layar proyektor, sehingga bisa dinikmati masyarakat banyak.

Bahkan gerhana bulan total itu juga bisa disaksikan dengan mata telanjang dari lokasi tersebut. Bahkan hingga pukul 20.30 WIB, masyarakat masih ramai menyaksikan fenomena alam itu dari Masjid Raya Sumbar.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Padang Panjang menyatakan gerhana bulan total bisa disaksikan di Sumbar pada 31 Januari 2018.

“Jika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat gerhana bulan dengan mata telanjang,” kata Rahmat Triyono, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper