Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas, Belasan Titik Panas Mulai Muncul Picu Karhutla

BMKG Stasiun Pekanbaru mendeteksi belasan titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Kabar24.com, PEKANBARU--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi belasan titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Titik panas dengan tingkat kepercayaan diatas 50% pagi ini terpantau 17 titik, kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi tulis Antara ,di Pekanbaru, Kamis.

Slamet menjelaskan titik panas yang mulai terpantau dalam 24 jam terakhir tersebut menyebar di tujuh kabupaten di Riau.

Kabupaten Indragiri Hilir merupakan wilayah penyumbang titik panas terbanyak dengan total enam titik panas dan Pelalawan sebanyak lima titik panas.

Titik panas juga terpantau di Kabupaten Indragiri Hulu dua titik, serta Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, dan Siak masing-masing satu titik panas.

Lebih jauh, dari 17 titik panas yang terpantau pencitraan satelit Terra dan Aqua tersebut, lima titik lainnya terpantau sebagai titik api atau indikasi kuat Karhutla dengan tingkat kepercayaan diatas 70%.

"Pelalawa tiga titik, Kampar dan Indragiri Hulu masing-masing satu titik," ujarnya.

Slamet menuturkan bahwa musim kemarau awal 2018 ini diprediksi akan terjadi pada akhir Januari hingga awal Maret 2018.

Sementara itu, dengan munculnya titik-titik panas di seluruh Riau, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanget meminta kepada seluruh jajaran untuk melakukan tindakan pencegahan serta meningkatkan patroli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper