Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayo, Nobar Gerhana Bulan Total di Dermaga Hati Ancol

epala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyiapkan arena nonton bersama (nonton bareng/nobar) fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) yang pada Rabu (31/1/2018)petang-malam akan mengalami penampakan langka secara bersamaan yaitu Supermoon, Bluemoon dan Bloodmoon.
Super Moon di Los Andes, Santiago, Chile, January 30, 2018. / Reuters
Super Moon di Los Andes, Santiago, Chile, January 30, 2018. / Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyiapkan arena nonton bersama (nonton bareng/nobar) fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) yang pada Rabu (31/1/2018)petang-malam akan mengalami penampakan langka secara bersamaan yaitu Supermoon, Bluemoon dan Bloodmoon.

"Kami menyiapkan tempat untuk umum guna menyaksikan GBT langka kali ini, yaitu di Dermaga Hati, Pantai Ancol," kata Dwikorita kepada wartawan di Jakarta.

BMKG juga menyiarkan secara langsung peristiwa yang terjadi di setiap 150 tahun itu lewat jalur Youtube, Twitter, Facebook, laman resmi bmkg.go.id dan lainnya. Gerhana tersebut akan mengalami puncaknya pada pukul 20.29 WIB dan berlangsung selama 70 menit. Durasi itu termasuk terlama untuk Gerhana Bulan Total.

Penayangan GBT secara langsung dengan banyak jalur itu, kata dia, sebagai upaya rekayasa untuk mengurangi kemacetan lalu lintas akses ke laman BMKG. BMKG memiliki pengalaman lamannya mengalami server down saat menayangkan Gerhana Matahari Total pada 2016 sehingga saat itu sulit diakses publik.

"Streaming kami sebar agar tidak ada efek bottle neck agar banyak warga Indonesia menikmati ini," kata Dwikorita.

 

Dwikorita mengatakan kegiatan nonton bareng itu memberi alternatif kepada masyarakat di daerah lain menyaksikan GBT dari kawasan lain. Alasannya, terdapat kemungkinan suatu daerah tidak bisa menyaksikan GBT karena cuaca tidak cerah sehingga perlu disajikan tayangan lewat berbagai channel BMKG di dunia maya.

BMKG juga menyiapkan titik pengamatan GBT di Makassar yang dapat diakses publik.

Dwikorita berharap masyarakat dapat menyaksikan fenomena GBT langka itu sekaligus memanfaatkan kesempatan itu sebagai sarana pembelajaran. Dia juga mengajak para periset untuk ikut menyaksikan dan meneliti fenomena langka GBT pada awal tahun ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper