Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilpres 2019: Koalisi Partai Terpolarisasi ke Jokowi dan Prabowo

Presidential threshold 20% susah dicapai oleh sebagian besar partai, sehingga pemilihan Presiden Pilpres 2019 akan munculkan dua koalisi partai, yaitu pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo Subianto.

Bisnis.com, JAKARTA—Presidential threshold 20% susah dicapai oleh sebagian besar partai, sehingga pemilihan Presiden (Pilpres 2019) akan munculkan dua koalisi partai, yaitu pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo Subianto.

Indria Samego, Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa tingginya angka ambang batas pengajuan calon presiden oleh parpol akan memunculkan dua koalisi besar pada Pemilu 2019.

Munculnya dua koalisi besar itu, menurutnya, akan mengulangi lagi persaingan dua poros seperti Pemilu 2014. Hanya saja pada 2019 koalisi besar yang akan  muncul adalah koalisi incumbent mengusung Joko Widodo (Jokowi) dan koalisi pengusung Prabowo Subianto.

“Hal ini akibat akibat dari keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan ambang batas pengajuan presiden (presidential threshold) sebesar 20%,” ujarnya hari ini, Rabu (24/1/2018).

Dia menambahkan bahwa besar kemungkinan tidak akan muncul tokoh selain dua tokoh yang berhadapan pada Pemilu 2014 itu untuk tahun 2019. 

Gejala akan munculnya dua besar koalisi itu terlihat ketika Prabowo saat ini mendorong Gerindra beserta koalisinya, PKS dan PAN sekuat tenaga untuk memenangkan Pilkada Serentak 2018. Pasalnya, mereka yang menang pilkada akan mempunyai kewajiban moral untuk memenangkan Prabowo di Pilpres 2019.

"Makanya Prabowo tampaknya sekuat tenaga mendorong minimum Gerindra, maksimal koalisi bersama PKS dan PAN untuk memenangkan sebanyak-banyaknya dalam pilkada yang akan datang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper