Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Baznas Sumbang Mobil Klinik dan Solar Sel untuk Pengungsi Rohingya

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri mengirimkan bantuan mobil klinik dan solar sel untuk pengungsi Rohingya Myanmar di wilayah Bangladesh.
Para pengungsi etnis Rohingya menerima bantuan dari Baznas/Istimewa
Para pengungsi etnis Rohingya menerima bantuan dari Baznas/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri mengirimkan bantuan mobil klinik dan solar sel untuk pengungsi Rohingya Myanmar di wilayah Bangladesh.

Direktur Pendistribusian Baznas, Mohammad Nasir Tajang, mengatakan penyerahan bantuan akan dilaksanakan di Cox’s Bazar pada 28 Januari 2018 dalam satu acara khusus yang disiapkan oleh pemerintah RI dan Bangladesh.

“Baznas sangat mengapresiasi respon dari masyarakat yang luar biasa untuk membantu saudara-saudara pengungsi Rohingya di Bangladesh,” katanya hari ini, Sabtu (20/1/2018).

Menurutnya, respon masyarakat sangat besar untuk membantu para pengungsi Rohingya berupa dana yang total mencapai sekitar Rp6 milyar yang dititipkan ke Baznas.

Dia menjelaskan bantuan dana tersebut oleh Baznas disalurkan dalam bentuk mobil klinik yang terdiri dari dua unit mobil ambulance yang akan digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan para pengungsi Myanmar di Cox's Bazar.

Selain itu, imbuhnya, satu unit mobil lagi untuk sarana transportasi dan operasional medis. Adapun jenis bantuan lainnya berupa lampu penerangan untuk area pengungsian berupa teknologi solar sel.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor, mengatakan bahwa pihaknya akan memaksimalkan penyaluran zakat oleh para muzaki, termasuk yang diprioritaskan untuk para pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Sebagai lembaga negara, lanjutnya, Baznas bersama Pemerintah melaksanakan penyaluran bagian dari dana zakat yang diserahkan oleh muzaki terutama untuk bantuan khusus yang terkait bencana tersebut.

Dia menjelaskan Baznas memberangkatkan Direktur Pendistribusian Baznas Mohammad Nasir Tajang dan Kabag Kemanusiaan Baznas sebagai Kepala Baznas Tanggap Bencana (BTB), Ahmad Fikri ke Bangladesh kemarin (19/1/2018).

Keduanya berkoordinasi dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bangladesh di KBRI Dhaka, Rina Soemarno, dan CEO Center for Zakat Management Bangladesh, M. Ayub Miah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper