Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini KPU Gelar Coklit Pilkada 2018

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih secara serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2018. Kegiatan pemutakhiran data daftar pemilih ini digelar perdana dan serentak dengan sistem door to door pada hari ini.
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg
Ilustrasi/JIBI-Dwi Prasetya.jpg

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih secara serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2018. Kegiatan pemutakhiran data daftar pemilih ini digelar perdana dan serentak dengan sistem door to door pada hari ini.

"Yang disasar pertama dalam gerakan Coklit ini adalah figur publik seperti pejabat pemerintah, anggota dewan, tokoh masyarakat, artis,” kata Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat, Jumat (19/1/2018).

Seperti dilansir dari Tempo.co, sejumlah tokoh publik yang berdomisili di Jawa Barat, yang menjadi sasaran coklit di antaranya Iwan Fals, Syahrini, hingga Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono di Bogor.

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan Gerakan Coklit serentak ini melibatkan seluruh stakeholder yang meliputi 7 komisioner KPU tingkat pusat, 155 komisioner di tingkat provinsi, 1.905 komisioner tingkat kabupaten/kota, 27.820 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), 193.602 Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta 385.791 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Seluruhnya akan terlibat dalam menyelenggarakan Pilkada serentak, yang meliputi 5.564 kecamatan, 64.534 desa/kelurahan, dan kurang lebih 385.791 TPS.

"Kalau semua bergerak, maka dengan target satu orang PPDP melakukan Coklit di lima rumah pada hari itu, maka akan ada 1.928.955 rumah yang akan dilakukan Coklit secara serentak," sebutnya.

KPU pun menargetkan Gerakan Coklit sejuta rumah ini tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper