Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Gulirkan Reformasi Lembaga & Tenaga Pendidikan

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) bersiap menggulirkan program prioritas tahun 2018 yakni Reformasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) serta Pilot Project Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Kabar24.com, JAKARTA--Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) bersiap menggulirkan program prioritas tahun 2018 yakni Reformasi Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) serta Pilot Project Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Arskal Salim, Direktur Diktis Kementerian Agama menuturkan reformasi dilakukan dengan tujuan melakukan perubahan fundamental terhadap fakultas-fakultas tarbiyah sebagai lembaga pencetak guru di PTKI.

"LPTK harus mampu melahirkan pendidik profesional, yang kompeten materi ajar dan skillfull dalam pedagogik,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (18/01/2018).

Arskal menjelaskan Program Reformasi LPTK mencakup empat hal pokok, yaitu: penataan regulasi, redesain kurikulum strata-1 tarbiyah, pemetaan kebutuhan guru, dan PPG.

“Saat ini, PMA Reformasi LPTK yang telah mencakup keempat hal tersebut telah final,” tambahnya.

Hal itu disampaikan ketika menerima utusan dari World Bank di Jakarta. Arskal menuturkan World Bank diharapkan terlibat dalam menyiapkan turunan dari regulasi tersebut. Menurutnya, masih terdapat sekitar tiga belas petunjuk teknis (juknis) yang harus segera diselesaikan.

Juknis tersebut sangat mendesak karena salah satunya diperuntukkan bagi persiapan Pilot Project PPG.  “Saya berharap dengan keterlibatan World Bank dapat mendorong penyelesaian juknis-juknis lebih cepat,” jelasnya.

Khusus untuk PPG, kata Arskal, harus dimulai tahun ini. Rencananya, PPG akan difokuskan terlebih dahulu pada tiga LPTK PTKIN yang terakreditasi institusi A (unggul), yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Malang.

Arskal menilai keberhasilan PPG ini nantinya membutuhkan keterlibatan langsung dari Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah dan Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai pembina guru di Kemenag. Kedua Direktorat ini bertugas merekrut peserta PPG.

“Untuk itu, Tim Reformasi LPTK harus lebih gigih lagi dalam menuntaskan regulasi dan penyiapan PPG,” paparnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper