Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.200 Personel Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2018 di Gianyar

Sebanyak 1.200 personel Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Gianyar melakukan simulasi sistem pengamanan Pilkada 2018.
ilustrasi
ilustrasi

Kabar24.com, GIANYAR—Sebanyak 1.200 personel Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Gianyar melakukan simulasi sistem pengamanan Pilkada 2018.

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose mengatakan sanggat bangga dengan kesiapan seluruh personel mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan pilkada pada simulais tersebut.

“Tidak ada garda terdepan yang dapat menjaga kedaulatan, selain TNI dan Polri yang didukung oleh rakyat,” katanya seusai Simulasi Sispam Kota Operasi Mantap Praja Agung 2018, di Lapangan Astina, Senin (15/1/2018).

Kapolda berpesan kepada KPU dan jajaran sampai ke PPS agar bekerja secara independen dan penuh integritas sehingga semua proses dilakukan sesuai ketentuan.

Begitu juga dengan pasangan calon, tim sukses, dan pendukung, diharapkan berkompetisi secara sehat dan tidak melakukan politik uang. Untuk mengantisipasi ini, Polri telah membentuk Satgas Money Politic.

Ia juga minta anggota Polri menjaga netralitas dan tidak akan toleran dengan pelanggaran sekecil apapun. “Pada prinsipnya kesuksesan penyelenggaraan Pemilu merupakan tanggung jawab kita bersama. Baik instansi pemerintah, TNI/Polri maupun masyarakat,” ujarnya.

Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata mengapresiasi kesiapan aparat keamanan bersama kompeonen lain yang diharakan mendukung kesuksesan pilkada 27 Juni 2018 mendatang.

“Mari kita jaga keamanan pilkada agar kunjungan wisatawan ke destinasi pariwisata tetap aman dan nyaman,” katyanya.

Simulasi ini menajikan terjadinya ketegangan saat proses penghitungan suara di TPS X. Pasalnya, salah satu saksi merasa tidak puas dengan hasil penghitungan suara. Kondisi kian ricuh, setelah saksi tersebut memukul salah satu petuga KPPS dan membawa kabur salah satu kotak suara.

Kejar-kejaran pun tak terhindarkan antara saksi yang membawa kabur kotak suara dengan petugas keamanan yang sudah siaga sejak pagi. Tak berselang lama saksi berhasil dilumpuhkan, dan kotak suara dapat kembali diamankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper