Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Minta AS Kooperatif Selesaikan Masalah

Presiden China Xi Jinping meminta Amerika Serikat untuk lebih kooperatif dalam menyelesaikan persoalan kedua negara, terutama di sektor ekonomi.
Presiden China Xi Jinping/Reuters
Presiden China Xi Jinping/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden China Xi Jinping meminta Amerika Serikat untuk lebih kooperatif dalam menyelesaikan persoalan kedua negara, terutama di sektor ekonomi.

Hal tersebut dikatakan oleh Jinping ketika melakukan percakapan di telepon dengan Presiden AS Donald Trump dalam sesi komunikasi diplomatik. Adapun sesi tersebut disiarkan oleh di media yang dikelola oleh pemerintah, yakni China Central Television.

Dalam percakapan tersebut, Jinping meminta agar upaya memperbaiki hubungan tersebut tidak hanya diupayakan oleh negaranya saja. Dia berharap,NegarI Paman Sam juga ikut mengakomodasi setiap upaya tersebut.

“Kedua belah pihak harus mengambil pendekatan yang konstruktif serta bekerja dengan tepat dan adil untuk menyelesaikan perselisihan. Kedua negara juga harus seimbang dan bersama-sama membuka pasar masing-masing,” kata Jinping, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (16/1).

Selain itu, orang nomor satu di China tersebut juga ingin agar kedua negara saling menghormati kepentingan utama masing-masing, demi menjaga hubungan baik. Hal tersebut menurutnya penting untuk menjaga agar tidak terjadi perselisihan baru di kedua negara.

Di sisi lain, Jinping juga mengapresiasi perubahan positif dalam konflik di Semenanjung Korea antara Korea Selatan dan Korea Utara. Menurutnya, China akan terus mendukung proses rekonsiliasi dua negara Korea tersebut.

“Pihak-pihak yang terkait harus melakukan upaya bersama untuk mempertahankan momentum pemulihan [antara Korut dan Korsel] yang susah payah ini," ujar Jinping.

Sejak Trump pertama kali terpilih pada 2016 lalu, hubungan antara China dan AS sempat membaik lantaran dia dan Jinping telah beberapa kali bertemu. Keduanya sering kali saling melemparkan pujian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper