Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kala Kutacane Dibekap 'Janda Tanpa Suami', Kedai Kopi Pun Sunyi

Tak seperti biasanya, sejumlah warga Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, tidak berani keluar rumah. Bahkan, petani pun, lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.
Kota Kutacane, Aceh Tenggara, Aceh/Istimewa
Kota Kutacane, Aceh Tenggara, Aceh/Istimewa

Bisnis.com, KUTACANE, Aceh – Tak seperti biasanya, sejumlah warga Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, tidak berani keluar rumah. Bahkan, petani pun, lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Kabupaten, yang memiliki 13 bahasa, termasuk bahasa Indonesia --Bahasa Alas, Bahasa Gayo, Bahasa Batak, Bahasa Karo, Bahasa Minangkabau, Bahasa Singkil, Bahasa Aceh, Bahasa Mandailing, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Nias, Bahasa Melayu- ‘dibekap’ bagei kalak balu malot lakine.

Menurut penduduk di kabupaten --yang sudah mengenal yang namanya sistem Kerajaan yang di mulai dengan kerajaan mbatu bulan yang di dirikan oleh Raja lembing anak dari Raja lotung dari Tanah Samosir Laut yang di ikuti oleh berdirinya kerajaan Bambel, dan kerajaan mbiak oli-- cuaca dingin sepanjang hari oleh masyarakat setempat diistilahkan dengan "bagei kalak balu malot lakine", atau seperti janda tanpa seorang lelaki/suaminya.

Tak ayal, di kabupaten ini, yang lebih multikultural dibandingkan dengan Aceh bagian tengah (Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues) karena didiami oleh lebih dari 3 suku: Alas sebagai suku tempatan di ikuti oleh suku-suku pendatang seperti suku Singkil, Aceh, Karo, Batak Toba, Gayo, Jawa, Minangkabau, Mandailing, Nias dan suku Aneuk Jamee, kedai kopi pun terkena imbasnya.

“Sudah empat hari, cuaca sejuk seperti ini. Biasanya, kedai kopi kami ramai, tetapi tidak dalam beberapa hari terakhir ini," ujar Susi Sekedang (29), pemilik kedai kopi di Desa Kutarih, Kecamatan Babussalam, Kutacane, Kamis (11/1/2018).

Sejumlah warga Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, menyatakan cuaca dingin melanda sepanjang hari sehingga banyak petani beristirahat di dalam rumah.

Menurut Susi, cuaca dingin sepanjang hari oleh masyarakat setempat diistilahkan dengan "bagei kalak balu malot lakine", atau seperti janda tanpa seorang lelaki/suaminya.

Warga lain berpendapat fenomena alam berhawa sejuk sepanjang hari pertanda akan terjadi kemarau panjang di Aceh Tenggara.

Di pusat Kutacane, ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara, terlihat aktivitas warga berlangsung normal seperti biasa. Sejumlah perkantoran tetap buka, begitu juga aktivitas ekonomi seperti pertokoan dan pasar tradisional. Namun, tak banyak menghasilkan.

"Bila cuaca dingin seperti ini, orang malas ke luar rumah. Akibatnya, dagangan kami kurang laku, karena sepi,” ujar pedangang di Pasar Inpres, Rahman Selian (45).

Raden, 37, warga yang berprofesi sebagai pekerja bangunan mengakui udara sejuk sepanjang hari membuatnya malas untuk keluar rumah melakukan aktivitas seperti biasa.

"Sebenarnya, kita malas. Enakkan lagi tidur di rumah. Karena kebutuhan anak dan istri, terpaksa juga saya bekerja selesaikan bagunan rumah ini. Coba kalau kita petani?," tuturnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, merilis cuaca di Kutacane sepanjang pekan ini diperkirakan 21 hingga 28 derajat Celcius dengan kelebaban udara 80% sampai 100%.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda Blangbintang, Zakaria Ahmad menjelaskan, kalau malam cerah maka, maka suhu akan lebih dingin dari biasanya dengan hawa dingin bertahan sampai jam 9.00 di pagi hari.

“Tapi ini berbeda. Pada siang hari dingin, dan malam hari justeru lebih dingin lagi. Saya minta waktu untuk mempelajari kondisi cuaca di Aceh Tenggara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper