Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UI Rangkul Pertamina Bangun Laboratorium Multidisiplin MIPA

Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan PT Pertamina (persero) membangun Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Bisnis.com, DEPOK—Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan PT Pertamina (persero) membangun Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Acara peresmian gedung tersebut diadakan bersamaan dengan momen Diesnatalis ke-57 tahun Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI.

Pembangunan Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI telah berjalan lebih dari 10 tahun.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjawab tantangan di bidang sains di masa depan dalam meningkatkan jumlah dan kualitas riset, serta sebagai upaya mewujudkan World Class University.

"Peningkatan ekonomi Indonesia selama ini berbasis bahan mentah, tetapi ke depan kita harus mulai bergerak ke arah sains dan inovasi," kata Dekan FMIPA UI Abdul Haris di Depok, Kamis (11/1).

Untuk mengedepankan peran sains dan teknologi di Indonesia, dia mengungkapkan pentingnya keberadaan laboratorium sebagai pusat lahirnya riset dan inovasi.

Bangun laboratorium dirancang dengan konsep green building yang sarat dengan konsep ramah lingkungan dan menerapkan efisiensi energi untuk pencahayaan dan sirkulasi udara.

Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI terdiri atas 8 lantai dengan luas lantai masing-masing 1.000 m2. Adapun,  peruntukan lantai dasar sebagai auditorium dan 7 lantai di atasnya sebagai laboratorium.

Jika dirinci, riset yang akan dikembangkan dalam laboratorium ini antara lain environmental genomic & biotechnology, bio-geo prospecting, smart & functional materials, hydrometeorology, climate change & natural hazard, renewable energy, serta computational science & big data.

Ke depan, laboratorium ini akan menjadi cikal bakal pengembangan science park  di UI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper