Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kader Nahdliyin di Pilgub Jateng 2018 Bisa Jadi Rahmat dan Laknat

Majunya dua kader nahdliyin di Pilgub Jateng 2018 dianggap Ketua PWNU Jateng Abu Hapsin sebagai suatu rahmat. Namun, jika perbedaan tersebut menjadi konflik, rahmat yang semula nikmat bisa menjadi laknat.
Nahdlatul Ulama (NU)./commons.wikimedia.org
Nahdlatul Ulama (NU)./commons.wikimedia.org

Kabar24.com, SEMARANG - Majunya dua kader nahdliyin di Pilgub Jateng 2018 dianggap Ketua PWNU Jateng Abu Hapsin sebagai suatu rahmat. Namun, jika perbedaan tersebut menjadi konflik, rahmat yang semula nikmat bisa menjadi laknat.

Abu mengatakan Taj Yasin yang mendampingi Ganjar P eranowo dan Ida Fauziah yang berpasangan dengan Sudirman Said adalah kader terbaik nahdliyin.

"Bagi saya ini berkah, karena dua bakal cawagub berasal dari NU. Saya kira kita menjadi bebas untuk memilih siapapun. Mengenai perbedaan adalah hal yang biasa," kata Hapsin, Kamis (11/1/2018).

Dia tidak menghendaki adanya konflik maupun perpecahan di antara warga . Dia yakin, warga NU di Jateng sudah dewasa dalam menentukan sikap terkait pemilihan kepala daerah.

"Ini adalah rahmat, tetapi kalau tidak disikapi secara baik akan menjadi laknat. Saya tidak mengendaki terjadi seperti itu, tetapi mudah-mudahan tidak. Dengan seperti ini warga NU justru dididik untuk bersikap dewasa," tuturnya.

Hapsin mengatakan pemilihan gubernur adalah ranah partai politik. Namun, diakuinya, pasti ada orang-orang NU yang akan masuk menjadi tim kampanye kedua pasangan cagub dan cawagub tersebut. Apabila ada yang demikian, Hapsin menegaskan agar tidak mengatasnamakan NU.

"Kepada orang-orang NU yang masuk tim kampanye baik kelompok pak Ganjar maupun pak Dirman (Sudirman Said), mudah-mudahan bisa menempatkan dengan cara yang proporsional. Artinya boleh tetapi jangan membawa NU," tambahnya.

Dia juga tidak membatasi maupun menyerukan untuk memilih atau tidak memilih pasangan siapapun. Dirinya berharap, dalam proses pemenangan nanti, akan berjalan dengan sendirinya, tanpa ada unsur pemaksaan.

"Orang NU tentu akan memiliki pilihan masing-masing, itu nanti biarkan berjalan sendirinya. Apakah nanti akan diadakan musyawarah untuk menilai dua bakal cawagub ini, silahkan. Yang jelas tidak ada penekanan," jelasnya.

Dalam Pilgub Jateng 2018, Ganjar Pranowo-Taj Yasin diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat. Sementara, Sudirman Said-Ida Fauziyah menggunakan tiket dari Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper