Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oprah Winfrey Tantang Trump di Pilpres AS 2020?

Selebritas Oprah Winfrey disebut-sebut tengah mempertimbangkan kansnya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada pemilu 2020.
Oprah Winfrey/Reuters
Oprah Winfrey/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Selebritas Oprah Winfrey disebut-sebut tengah mempertimbangkan kansnya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada pemilu 2020.

Seperti dilansir CNN, Senin (8/1/2018), dua orang teman dekat Oprah yang menolak disebutkan namanya, mengatakan sejumlah orang kepercayaan Oprah secara pribadi telah mendorongnya untuk mencalonkan diri.

Keduanya berbicara kepda CNN usai Oprah mendapatkan sambutan hangat atas pidatonya dalam perhelatan penghargaan film Hollywood, Golden Globes, Ahad waktu setempat.

Salah seorang sumber mengatakan pembicaraan ihwal pencalonan presiden terjadi beberapa bulan lalu. Meski begitu, ia mengatakan Oprah belum menentukan sikapnya.

Hingga Oktober lalu--sebulan sebelum Trump memenangkan pemilu presiden AS dari Hillary Clinton yang didukung Oprah—ia sempat menegaskan tak ingin mencalonkan diri menjadi ornag nomor satu di Negeri Abang Sam.

“Tidak akan ada pencalonan apa pun untukku,” kata Oprah saat sahabatnya, Gayle King, mewawancarainya dalam program This Morning di stasiun televisi CBS.

Oprah Winfrey Tantang Trump di Pilpres AS 2020?

Namun, ada kemungkinan Oprah mengubah pendiriannya. Kekasih Oprah, Stedman Graham, seusai pidato fenomenal Oprah pada Minggu lalu di Golden Globes, menyebut ada kemungkinan Oprah akan mencalonkan diri.

“Tergantung pada masyarakat,” ujar Graham kepada Los Angeles Times.

“Dia akan melakukannya.”

Sejumlah pihak menilai kans Oprah menjadi calon presiden dari Partai Demokrat sangat besar. Joe Trippi, salah satu anggota Partai Demokrat, yakin Oprah akan menjadi kandidat tangguh baik bagi politikus internal maupun bagi politikus Republik.

“Jika dia memutuskan mencalonkan diri, Oprah akan menjadi calon paling kuat, saya yakin itu,” ujar Trippi.

Trippi menyebut rendahnya partisipasi dalam pemilu awal partai membuat calon dari luar seperti Obama dan Trump berhasil mengalahkan politikus kandang. Hillary Clinton, menurut Trippi, mungkin akan menjadi politikus kandang terakhir bagi Demokrat dalam pemilu presiden.

Keberhasilan Trump—yang belum pernah menjabat kursi parlemen maupun pemerintahan—sebagai presiden, semakin membuka kans Oprah yang lahir pada 29 Januari itu.

Oprah Winfrey Tantang Trump di Pilpres AS 2020?

Seperti dilansir USA Today, keduanya sama-sama pernah menjadi selebritas media dan miliarder. Namun, yang berbeda Trump memperoleh kekayaan dari keluarganya, sedangkan Oprah merintis bisnis medianya dari nol.

“Oprah adalah perempuan mandiri yang mencapai puncak tanpa mengahancurkan orang lain seperti Trump. Ia justru mengangkat karir banyak orang,” ucap Stephanie Cutter, yang pernah menjadi wakil manajer kampanye Obama pada 2012.

“Dia memang selebritas. Tapi, mayoritas warga Amerika menganggap Oprah sebagai keluarga. Dia berada di televisi selama 20 tahun dan mengangkat isu-isu yang tengah terjadi di masyarakat.”

Bahkan, seorang politikus Republik percaya dia akan menjadi kandidat yang baik. Politikus ini tak lain adalah Presiden Donald Trump. Dalam wawancara dengan Larry King di CNN pada 1999, Trump menyebut akan mengajak Oprah sebagai pasangannya jika ia mencalonkan diri sebagai presiden.

“Jika dia mencalonkan diri, akan sangat fantastis. Oprah sangat populer, brilian, dan hebat. Kami berdua akan menjadi pasangan hebat," kata Trump menanggapi Oprah yang digadang untuk maju dalam pemilu 2020.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper