Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesepakatan Pemotongan Pajak Tingkatkan Prospek Koalisi Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Demokrat Sosial kiri tengah (SPD) sepakat untuk memberikan keringanan pajak penghasilan bagi orang-orang berpenghasilan tinggi, sebuah sumber mengatakan pada Senin (8/1/2018), menandakan kemajuan dalam pembicaraan mereka dalam pembentukan pemerintah koalisi .
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Kanselir Jerman Angela Merkel saat upacara penyambutan kedatangan Jokowi di Berlin, Jerman, Senin (18/4)./REUTERS-Hannibal Hanschke
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Kanselir Jerman Angela Merkel saat upacara penyambutan kedatangan Jokowi di Berlin, Jerman, Senin (18/4)./REUTERS-Hannibal Hanschke

Bisnis.com, BERLIN - Kanselir Jerman Angela Merkel dan Demokrat Sosial kiri tengah (SPD) sepakat untuk memberikan keringanan pajak penghasilan bagi orang-orang berpenghasilan tinggi, sebuah sumber mengatakan pada Senin (8/1/2018), menandakan kemajuan dalam pembicaraan mereka dalam pembentukan pemerintah koalisi .

Bantuan pajak merupakan janji pemilihan oleh konservatif Merkel, dan kesepakatan awal untuk menaikkan tarif pajak penghasilan utama menjadi pendapatan tahunan sebesar 60.000 euro mengindikasikan SPD bersedia berkompromi.

Menyegel kesepakatan dengan SPD untuk memperbarui koalisi dengan konservatif yang telah memerintah Jerman sejak 2013 adalah kesempatan terbaik Merkel untuk mengamankan masa jabatan keempat setelah pemilihan pada bulan September yang melemahkan kedua belah pihak.

Kompromi tentang perpajakan hanyalah sebuah langkah kecil dalam pembicaraan antara calon calon mitra yang harus menjembatani perbedaan besar mengenai imigrasi, masa depan Uni Eropa dan ekonomi.

Sumber tersebut mengatakan SPD, Demokrat Kristen Merkel (CDU) dan sekutu Bavaria Sosial Kristen mereka (CSU) ingin menaikkan tingkat pajak tertinggi sebesar 42% yang pada saat ini berlaku bagi mereka yang memperoleh 53.700 euro dan di atas (US$64.375,56) setiap tahunnya.

 

Sekilas SPD

Partai Demokrat Sosial Jerman atau Social Democratic Party of Germany atau  Sozialdemokratische Partei Deutschlands (SPD)  partai politik tertua di Jerman didirikan oleh Karl Kautsky, Rosa Luxemburg dan Karl Liebknecht pada  1875 berideologi berdasarkan pemikiran dasar Karl Marx dan Ferdinand Lasselle termasuk pula pemikiran Ferdinand Bebel dan Wilhelm Liebknecht. 

Setelah Perang Dunia II, di bawah kepemimpinan Kurt Schumacher Partai Demokrat Sosial Jerman mengubah dasar ideologinya menjadi pihak yang mewakili kepentingan kelas pekerja dan serikat pekerja dan secara bertahap berkembang dari sosialis kelas pekerja menjadi sosialis demokrasi.

Hal ini tercermin adanya perbedaan antara Program Heidelberg  pada 1925, yang ingin melakukan transformasi dari sistem kapitalis swasta kepada kepemilikan sarana produksi ke pihak kepemilikan sosial atau negara"  dengan Program Godesberg  pada 1959, yang bertujuan untuk memperluas dan pemilih dasar memindahkan posisi politik menuju sifat moderat..

Sumber:

- Brustein, William. Logic of Evil: The Social Origins of the Nazi Party 1925-1933 .

- Cooper, Alice Holmes. Paradoxes of Peace: German Peace Movements since 1945.

Merkel, yang pada November gagal membentuk koalisi dengan Partai Hijau dan Partai Demokrat Bebas pro-bisnis (FDP), mengatakan pada Minggu pada awal perundingan lima hari dengan SPD, perundingan dapat berhasil.

Anggota partai konservatifnya juga terdengar optimis pada Senin. "Kemarin, kami bekerja sangat faktual dan kami melakukannya dengan baik," kata Julia Kloeckner, anggota senior CDU. "Kami menyadari keterbatasan fiskal dan kami optimis."

Kesepakatan Pemotongan Pajak Tingkatkan Prospek Koalisi Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel/Reuters

Pemimpin SPD Martin Schulz berjanji untuk mengadakan kesepakatan dengan konservatif untuk mendapatkan suara dari anggota partai, yang banyak di antaranya menentang apa yang disebut 'koalisi besar' dari dua partai terbesar di parlemen.

SPD ingin memperbaiki hak pekerja dan memangkas sistem perawatan kesehatan premium dari perawatan pribadi premium dan perawatan publik yang lebih mudah diakses untuk menggantikannya dengan satu "asuransi warga".

Mereka juga menentang sebuah rencana oleh konservatif untuk memperpanjang larangan yang akan berakhir pada bulan Maret untuk reunifikasi keluarga bagi beberapa pencari suaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper