Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Analisa Ekonomi Global: Investor Menanti Hingga Minggu Depan

Data dalam minggu depan akan memungkinkan investor untuk mengukur kekuatan industri Jerman dan Inggris, belanja AS dan perdagangan China pada akhir tahun lalu - dan petunjuk pertama mengenai kekuatan aktivitas ekonomi 2018.
Karyawan Mercedes Benz sedang mengerjakan interior mobil di pabrik Mercedes-Benz di Rastatt, Jerman (22/12016)./REUTERS-Kai Pfaffenbach
Karyawan Mercedes Benz sedang mengerjakan interior mobil di pabrik Mercedes-Benz di Rastatt, Jerman (22/12016)./REUTERS-Kai Pfaffenbach

Analisa Ekonomi Global: Investor Menanti Hingga Minggu Depan
Bisnis.com, LONDON - Data dalam minggu depan akan memungkinkan investor untuk mengukur kekuatan industri Jerman dan Inggris, belanja AS dan perdagangan China pada akhir tahun lalu - dan petunjuk pertama mengenai kekuatan aktivitas ekonomi 2018.

Perekonomian Jerman telah menembaki semua silinder dalam beberapa bulan terakhir, dengan konsumsi, belanja negara dan kenaikan ekspor mendorong pertumbuhan industri dan layanan.

Dengan tingkat suku bunga yang rendah dan pasar tenaga kerja berkinerja baik, ekonomi sejauh ini melewati kebuntuan politik akibat kegagalan Kanselir Angela Merkel untuk membentuk sebuah pemerintahan sejak pemilihan pada September. Dia memulai pembicaraan koalisi pada Minggu dengan Demokrat Sosial, rekan-rekannya pada pemerintahan 2013-17.

Pesanan industri telah menguat dalam beberapa bulan terakhir, menunjukkan sektor ekonomi terbesar di Eropa ini harus mendapatkan steam pada awal 2018, meskipun output aktual secara tak terduga tergelincir setelah mengalami kenaikan lebih dari enam tahun pada Agustus.

Analis di HSBC berpikir ketidakseimbangan kemungkinan akan mengalami perbaikan pada tingkat tertentu pada November, dan mereka memperkirakan kenaikan output yang besar dan kuat.

Analisa Ekonomi Global: Investor Menanti Hingga Minggu Depan

"Kami memperkirakan tingkat pesanan tidak berubah pada November setelah meningkat dalam tiga bulan berturut-turut," tulis mereka dalam sebuah catatan kepada investor. Itu akan mengurangi perkiraan konsensus Reuters untuk kenaikan 0,5 persen pesanan.

Namun HSBC memperkirakan produksi akan pulih kembali 2,2 persen bulan ke bulan di bulan November, melampaui konsensus Reuters untuk 1,8%.

Pesanan industri telah menguat dalam beberapa bulan terakhir, menunjukkan sektor ekonomi terbesar di Eropa ini harus mendapatkan steam pada awal 2018

Data pesanan Jerman dijadwalkan keluar pada Senin, dengan angka output akan menyusul pada Selasa.

Sebaliknya, output industri Inggris telah meningkat, meningkat pada Oktober dengan laju tahunan tercepat dalam hampir setahun. Sementara ekonomi telah kehilangan momentum karena penurunan sterling setelah suara Brexit membuat inflasi meningkat, beberapa eksportir menguat akibat pound lemah dan rebound dalam ekonomi zona euro.

"Sementara hasil produksi aktual mungkin tidak sekuat ... survei menunjukkan, kenaikan tajam yang dilaporkan oleh mereka menyiratkan pertumbuhan telah berjalan baik pada November," tulis analis di Investec dalam sebuah catatan.

"Dukungan tambahan mungkin berasal dari output utilitas karena suhu turun ke tingkat musiman yang lebih khas setelah Oktober yang sangat ringan."

Investec melihat produksi industri naik 0,8% pada bulan ini, lebih dari dua kali lipat perkiraan konsensus Reuters untuk naik 0,3%. Data tersebut akan keluar pada Rabu.

Tidak ada keputusan bank sentral utama dalam minggu depan.

World economic forum/Youtube

Konsumen AS

Pandangan yang lebih luas untuk Jerman dan Inggris sangat bergantung pada kinerja dua negara raksasa ekonomi, Amerika Serikat dan China, di mana pertumbuhan ekonomi telah dipenuhi secara bertahap memperketat kebijakan moneter.

Belanja konsumen A.S., yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi, didukung oleh kenaikan upah yang mantap karena pasar tenaga kerja semakin ketat, yang berpotensi membuka jalan bagi kenaikan suku bunga Federal Reserve tahun ini.

Pada November, penjualan ritel di seluruh negeri meningkat lebih dari yang diperkirakan. Analis di HSBC menyarankan pembacaan untuk Desember, yang akan keluar pada Jumat, mungkin menunjukkan sedikit belanja saat belanja Natal mendekat.

Analis yang disurvei oleh Reuters rata-rata memperkirakan penjualan naik 0,5% dari bulan ke bulan, melambat dari kenaikan November 0,8%.

Berkat permintaan global yang kuat, konsumen memasukkan barang-barang China pada tingkat yang cepat tahun lalu, memberi dorongan ekonomi dan memberi para pembuat kebijakan ruang untuk memperketat peraturan untuk mengekang pinjaman berisiko tinggi.

Pada November, ekspor dan impor secara tak terduga meningkat, tetapi analis memperkirakan pertumbuhan akan terus berlanjut di tengah tindakan keras pemerintah terhadap risiko keuangan dan pabrik yang mencemari.

Data untuk  Desember diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan baik ekspor dan impor sedikit menurun bulan lalu, menurut pandangan konsensus analis yang disurvei oleh Reuters - namun bertahan di atau mendekati angka dua digit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper