Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Tahun Penjualan Notebook di Semarang Turun 30%

Penjualan notebook di Kota Semarang terus alami penurunan, karena daya beli yang lesu. Sementara untuk penurunan penjualan mencapai angka 30% di tahun 2017.
Notebook/JIBI-Dwi Prasetya
Notebook/JIBI-Dwi Prasetya

Kabar2.com, SEMARANG - Penjualan notebook di Kota Semarang terus alami penurunan, karena daya beli yang lesu. Sementara untuk penurunan penjualan mencapai angka 30% di tahun 2017.

Penurunan tersebut disebabkan karena Smartphone pada tahun lalu berkembang cukup pesat. Kegunaan smartphone yang memiliki kecanggihan seperti notebook telah banyak dijumpai. Dari segi hardware, smartphone memiliki spesifikasi dan kualitas seperti notebook.

HRD dari Toko Orbit Komputer Semarang, Didik Wahono mengatakan pada tahun 2017 penjualan notebook cenderung menurun dibandingkan tahun 2016.

"Kami melihat tren penjualan tahun lalu itu menurun sekitar 10%. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya dari segi harga dan perkembangan orang yang lebih menggunakan smartphone sebagai alat menyelesaikan pekerjaannya," ujarnya pada Jumat (5/1/2018)

Menurutnya selama tahun 2017, pihaknya hamya mampu menjual sekitar 2950 unit Notebook.

"Paling laris memang Notebook dengan ukuran 14 inchi. Kalau masalah brand memang semuanya sama rata. Namun yang sedikit dominan yakni brand ASUS yang mampu meraup sekitar 50% dari total penjualan," tuturnya.

Sementara itu Sales dari Lentera Notebook, Ribut Priyanto menuturkan pada tahun 2017 penjualan mengalami penurunan cukup signifikan mencapai 30%.

"Kami selama tahun 2017 mengalami penurunan penjualan. Kami mampu menjual sekitar 900 unit notebook. Selama tahun lalu yang banyak laku terjual jenis notebook low end di kisaran Rp4 juta hingga Rp6 juta. Brand notebook rata-rata imbang antara Asus, Lenovo dan Acer. Masyarakat memiliki kegemaran brand yang berbeda-beda. Tren tahun ini mungkin penjualan tetap sama," tambahnya.

Sementara itu, Owner dari DK Komputer, Wisnu mengungkapkan jika notebook untuk kedepannya memang mengalami penurunan, namun melihat tren perkembangan elektronik pihaknya optimis akan mengalami peningkatan.

"Kalau saya melihat smartphone dan notebook memang memiliki spesifikasi yang mirip. Saya mencontohkan smartphone sekarang memiliki ram rata-rata 2-4 gigabyte dengan ukuran hardisk yang rata-rata 16 hingga 120 gigabyte hampir sama seperti notebook. Namun jika melihat dari fungsinya akan lebih menang notebook karena punya kegunaan yang lebih tahan terhadap panas," ungkapnya.

menurutnya, tren notebook pada tahun 2018, akan mengarah pada jenis notebook yang memiliki ukuran yang lebih slim sekaligus ringan untuk dibawa.

"Mungkin tahun ini banyak brand yang mengeluarkan jenis notebook terbarunya dan banyak notebook yang memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu. Menurut kami kalau peningkatan kira-kira sekitar 5% saja," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper