Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korut Kemungkinan Bertemu Korsel di Panmunjom Pekan Depan

Panmunjom kemungkinan akan kembali menjadi lokasi pertemuan tingkat tinggi antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel), yang bakal digelar pekan depan.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberikan panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang  dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memberikan panduan program senjata nuklir dalam foto tak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Panmunjom kemungkinan akan kembali menjadi lokasi pertemuan tingkat tinggi antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel), yang bakal digelar pekan depan.

Pertemuan yang akan digelar pada 9 Januari 2018 itu akan fokus membahas perjalanan para atlet Korut untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Korsel, yang diselenggarakan pada Februari 2018.

Menurut seorang pejabat dari kantor kepresidenan Korsel, prioritas pertemuan tersebut adalah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. “Diskusi terkait peningkatan hubungan dengan Korut setelah partisipasi Utara di Olimpiade menjadi final,” katanya seperti dilansir BBC, Jumat (5/1).

Pertemuan tersebut diperkirakan akan digelar di Panmunjom, perbatasan Korsel dan Korut. Ini akan menjadi pembicaraan tingkat tinggi pertama yang dimiliki kedua Korea sejak Desember 2015. Namun, masih belum ada konfirmasi siapa yang akan hadir.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan pihaknya mengirim delegasi ke Olimpiade akan menjadi kesempatan bagus untuk menunjukkan kesatuan rakyat. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sebelumnya mengatakan bahwa dia melihat Olimpiade Musim Dingin sebagai kesempatan terobosan untuk memperbaiki hubungan antara Korea, dua negara masih secara teknis berperang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Sumber : BBC

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper