Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag Salurkan Beasiswa Bidikmisi kepada 6.700 Mahasiswa

Kementerian Agama selama tahun ini, 2017, menggulirkan program beasiswa bidikmisi kepada 6.700 mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) negeri dan swasta.
Program Bidikmisi/kemdiknas.go.id
Program Bidikmisi/kemdiknas.go.id

Kabar24.com, JAKARTA-Kementerian Agama selama tahun ini, 2017, menggulirkan program beasiswa bidikmisi kepada 6.700 mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) negeri dan swasta.

Kasi Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Ruchman Basori, mengatakan 6.700 mahasiswa penerima beasiswa itu terdiri dari 6.200 mahasiswa PTKI Negeri (PTKIN) dan 500 mahasiswa PTKI Swasta (PTKIS).

“Kemenag telah memberikan beasiswa Bidikmisi sejak 2011. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, namun memiliki prestasi,” katanya.

Dia dalam situs resmi Kemenag, Sabtu (30/12/2017) menjelaskan para mahasiswa kurang mampu secara ekonomi, namun berprestasi sejak Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliah ituSMA/MA itu mendapat beasiswa full studi selama 4 tahun.

Menurutnya, beasiswa Bidikmisi pada 2011 diberikan kepada 2.020 mahasiswa,  pada 2012 kepada 2.100 mahasiswa, pada 2013 sebanyak 2.876 mahasiswa, dan pada 2014 sebanyak 2.220 mahasiswa, yang seluruhnya studi di PTKIN.

Sedangkan pada 2015, beasiswa Bidikmisi juga mulai diberikan kepada para mahasiswa PTKIS. Adapun komposisinya, beasiswa diberikan kepada 4.780 mahasiswa PTKIN dan 220 mahasiswa PTKIS.

Selanjutnya pada 2016 disalurkan beasiswa Bidikmisi kepada 6.750 mahasiwa PTKIN dan 500 mahasiswa PTKIS. “Adapun total anggaran yang telah disalurkan untuk beasiswa itu berjumlah lebih dari Rp214 miliar,” ujarnya.

Ruchman juga mengungkapkan bahwa jumlah dana biasiswa Bidikmisi itu masih sangat sedikit, jika dibandingkan dengan dana serupa yang diberikan kepada para  mahasiswa Perguruan Tinggi Umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper