Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ciputra: Kita Kehilangan Tokoh Bisnis Luar Biasa

Pengusaha senior Ciputra menyebut Indonesia kehilangan tokoh bisnis luar biasa sepeninggal Sukamdani Sahid Gitosardjono.
Sukamdani Sahid Gitosardjono./Bisnis-Abdullah Azzam
Sukamdani Sahid Gitosardjono./Bisnis-Abdullah Azzam

Kabar24.com, JAKARTA — Pengusaha senior Ciputra menyebut Indonesia kehilangan tokoh bisnis luar biasa sepeninggal Sukamdani Sahid Gitosardjono.

Menurut pendiri Ciputra Grup tersebut, Sukamdani adalah sosok besar dengan pemikiran luas. Dia pun menilai Sukamdani sebagai pebisnis sejati yang berintegritas.

"Kita kehilangan tokoh bisnis luar biasa. Dia ketua Kadin sekian kali. Luar biasa sumbangannya untuk bangsa," ujarnya, Kamis (21/12).

Ciputra menyebut, Sukamdani adalah pengusaha yang sangat mencintai dan ingin berbuat banyak untuk bangsanya. Hal itu terlihat dari cita-cita besar Sukamdani yang ingin melihat masyarakat Indonesia benar-benar merdeka dan sejahtera.

"Dia ingin melihat Indonesia betul-betul merdeka dan sejahtera. Rakyat jelata bisa terangkat . Dia ingin kesenjangan sosial itu berkurang. Dia ingin ciptakan lapangan kerja," katanya.

Ciputra mengenang, telah bekerja sama dalam urusan bisnis bersama Sukamdani selama 30 tahun lebih, termasuk membesarkan grup media Bisnis Indonesia.

Menurutnya, dalam bisnis media, Sukamdani selalu menginginkan Bisnis Indonesia sebagai media yang memberikan usul membangun bagi dunia usaha.

Ciputra pun menyebut, salah satu prestasi Sukamdani adalah membangun relasi yang baik antara Indonesia dengan China sejak masa Orde Baru. Padahal, pada masa itu restu pemerintah sangat sulit dalam membina hubungan baik dengan Tiongkok karena perbedaan prinsip.

"Dia pelopor hubungan Indonesia dan RRC. Waktu itu kontroversial. Tapi dia dari Tiongkok pulang dan bilang ke Pak Harto [Soeharto] minta izin bina hubungan kerja. Dia melihat RRC punya potensi jadi negara besar dan kita juga negara besar butuh bina hubungan. Waktu itu RRC tidak satu filosofi dengan kita." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper