Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi : Saatnya yang Muda Berbisnis

Dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan baru, pemerintah kembali menggelar forum bincang-bincang edukatif Entrepreneurs Wanted! (EW!).
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) berfoto bersama wirausaha muda terbaik saat acara Entrepreneurs Wanted di Sabuga ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/12)./ANTARA-M Agung Rajasa
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) berfoto bersama wirausaha muda terbaik saat acara Entrepreneurs Wanted di Sabuga ITB, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/12)./ANTARA-M Agung Rajasa

Kabar24.com, JAKARTA - Dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan baru, pemerintah kembali menggelar forum bincang-bincang edukatif Entrepreneurs Wanted! (EW!). Acara kali ini dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (18/12/2017).

Ajang yang dihadiri ribuan pemuda ini, mempertemukan wirausahawan sukses dengan para generasi muda yang masih merintis usaha. Pemerintah berupaya merangsang pertumbuhan wirausahawan, terutama di ranah industri digital, sesuai dengan cita-cita Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia dengan valuasi industri mencapai US$130 miliar pada 2020.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki semua potensi yang diperlukan untuk dapat menjadi pusat kekuatan ekonomi digital di Asia.

"Saat ini adalah peluang anak muda untuk masuk ke ruang bisnis yang sangat besar," ujar Presiden dikutip dari keterangan tertulis, Senin (18/12/2017).

Jokowi berpesan kepada para lulusan perguruan tinggi (PT) untuk mengubah paradigma, kelak setelah lulus tidak hanya jadi pegawai. Namun, juga mampu membuka lapangan kerja.

Jokowi yakin pertumbuhan wirausahawan muda akan meningkat, karena kini anak muda lebih kreatif, sehingga dapat menjadi modal untuk menjadi wirausahawan tangguh.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), jumlah wirausahawan pada 2017 baru mencapai 3,31% dari jumlah penduduk Indonesia, sementara standar Bank Dunia adalah 4%.

Dibandingkan dengan negara Asean lain, jumlah wirausahawan Indonesia juga lebih kecil, misalnya Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4,5%), serta tidak berbeda jauh dengan Vietnam (3,3%).

Senada dengan Presiden, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir juga mengungkapkan optimismenya terhadap geliat wirausahawan muda Indonesia.

Kemenristekdikti telah mendanai banyak mahasiswa yang berminat menjadi wirausahawan baru. Kemenristekdikti memberi modal sebesar Rp5.000.000 hingga Rp50juta untuk masing-masing mahasiswa.

"Kami mengadakan lomba mahasiswa. Mereka membuat business plan, bagaimana mengoperasikan business plan, kemudian mereka menyiapkan kebutuhan bisnis, seperti investasi berupa alat dan modal kerja. Untuk investasi, kami beri pinjaman berupa modal bergulir," jelas Nasir.

Kemenristekdikti juga melakukan berbagai upaya lain untuk menumbuhkan wirausahawan muda, antara lain Pendanaan kepada Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT).

"Tahun ini PPBT berjumlah 661 perusahaan, tahun depan targetnya 800 perusahaan," ungkap Nasir.

Pada 2019, PPB ditargetkan meningkat hingga seribu perusahaan. Kemenristekdikti juga memungkinkan PT membuka program studi (prodi) kekinian, yang dapat menjawab tantangan perkembangan zaman.

Lulusan Prodi kekinian ini diharapkan dapat menjadi wirausahawan muda dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Kita buka beberapa Prodi di bidang ekonomi kreatif, salah satunya animasi."

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper