Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Bela Palestina: Massa Terus Berdatangan ke Monas

Aksi Bela Palestina: Massa Terus Berdatangan ke Monas
Ilustrasi/Bisnis-Hendra Wibawa
Ilustrasi/Bisnis-Hendra Wibawa

Kabar24.com, JAKARTA - Peserta demonstrasi akbar Aksi Bela Palestina terus berdatangan, dan mereka tampak menyemut ke area lapangan Monumen Nasional di Jakarta Pusat. Monas menjadi titik pusat aksi 171217 atau bertepatan Ahad, 17 Desember 2017, yang diawali dengan sholat subuh berjamaah pagi tadi.

Menurut pantauan Tempo saat pukul 06.30 WIB massa terus berdatangan. Hal tersebut sudah terlihat sejak di wilayah Manggarai, Menteng, Cikini, Tugu Tani, hingga Stasiun Gambir. Peserta kebanyakan berjalan kaki, naik motor, dan bus umum.

Massa yang hadir dominan berpakaian serba putih. Banyak yang membawa bendera Indonesia dan bendera Palestina. Jalur kendaraan tersendat dari Cikini yang mengarah ke Tugu Tani. Arah sebaliknya lancar.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat Komisaris Besar Roma Hutajulu memperkirakan aksi massa bela Palestina hari ini akan lebih dari 200 ribu orang. Menurut Roma, aksi tersebut akan dihadiri oleh semua elemen masyarakat.

"Prediksi saya 200.000 (orang yang diperkirakan mengikuti aksi massa bela Palestina), dari semua elemen (masyarakat), (termasuk) MUI(Majelis Ulama Indonesia)," kata Roma saat dihubungi Tempo, Sabtu tengah malam, 16 Desember 2017.

Dari Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya memastikan bakal menurunkan 20 ribu dari 30 ribu personel kepolisian untuk mengawal aksi bela Palestina oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Ahad, 17 Desember 2017. Aksi itu dihelat untuk menentang kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Kami menurunkan 20 ribu personel, kami tempatkan di berbagai lokasi," tutur juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, di kantornya, Sabtu, 16 Desember 2017. Adapun lokasi pengamanan yang dia maksud adalah Monas dan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Selain itu, ujar Argo, pasukan pengamanan peserta bela Palestina ditempatkan di beberapa titik vital, seperti area patung kuda, Balai Kota Jakarta, Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, dan Kedutaan Besar Amerika Serikat. "Itu akan kita tempatkan semua, seperti yang telah dilaksanakan dalam giat rutin pengamanan obyek vital, tapi akan kami pertebal dan tambah," ucap Argo.

Terkait aksi bela Palestina tersebut, untuk melancarkan arus lalu lintas, Argo menambahkan, pihaknya menyiapkan puluhan polisi lalu-lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper